Download Persyaratan dan Cara Pendaftaran CPNS online (Sipir) Tamatan SLTA/SMA

Berhubung situs https://www.menpan.go.id/publikasi/unduh-dokumen/form/file/5456-2-kementerian-hukum-dan-hama, kerap mengalami eror atau tidak dapat diakses karena kelebihan beban yang tidak mampu menampung trafic yang begitu banyak karena antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar CPNS secara online. Maka disini saya menyediakan link download PDF persyaratan lengkap beserta tata cara pendaftaran CPNS online lengkap, mulai dari proses pendaftaran online, proses pengambilan nomer pendaftaran, proses pengiriman berkas serta alamat pengiriman berkas yang dibutuhkan.

Pemerintah mengundang putra-putri terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. Jabatan ini menjadi prioritas mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Dijelaskan, formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga analis keimigrasian. “Kuota untuk penjaga Lapas mencapai empat belas ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Menteri Asman dalam jumpa pers di kantor Kementerian PANRB, Selasa (11/07).

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.526 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing

Kali ini pemerintah membuka pendaftaran CPNS secara online khusus untuk kementrian hukum dan ham, dan Mahkamah Agung RI. Anda yang mempunyai ijazah S1 atau bahkan SMA bisa mencoba kemampuan anda untuk melakukan tes CPNS online dan jika lulus akan ditempatkan pada beragam instansi pemerintahan kementrian hukum dan Ham serta MA.

Untuk tahun  2017 ini penerimaan peserta CPNS paling banyak merekrut tamatan SMA/SLTA sederajat. yang nantinya akan bertugas atau menjadi Sipir penjara atau polisi penjara atau penjaga tahanan lapas. Anda beminat?

Berikut ini persyaratan lengkapnya:



Untuk format surat lamaran yang didownload dari situs sscn.bkn.go.idUntuk saat ini situs resmi tersebut belum bisa diakses karena masih dalam tahan pesiapan. Situs ini akan mulai online dan siap untuk pendaftaran CPNS online mulai tanggal 1 agustus pukul 10 pagi hingga tanggal 26 agustus 2017 pukul 16 sore.

Untuk mempermudah proses pendaftaran anda berikut ini akan saya ringkas agar lebih mudah dipahami.

A. Tanggal 1 agustus 2017-31 agustus 2017 (pedaftaran)

1. Anda buka https://sscn.bkn.go.id/, (untuk saat ini belum bisa dibuka), lalu nanti anda akan diberikan form pendaftaran, lalu anda akan diminta mengisi NIK (nomer KTP atau nomer KK).

2. Setelah itu akan muncul semacam lembar pendaftaran atau surat lamaran lengkap dengan nomer pendaftaran anda. silakan anda print (cetak) lembaran ini.

3. Siapkan berkas lamaran yang terdiri dari:
  • Foto kopi KTP (3 lembar)
  • Foto kopi Ijazah sma / DIII (3 lembar)
  • Surat lamaran beserta nomer pendaftaran telah anda print out diatas (1 lembar)
  • pas foto terbaru ukuran 3x4 latar merah (4 lembar)
  • surat pernyataan yang berisi identias dan bioadata lengkap anda yang diketik menggunakan komputer dan anda tanda tangani bermaterai 6000
4. Kumpulkan semua berkas diatas kedalam satu wadah amplop lamaran

5. Pergi ke kantor pos untuk mengirimkan berkas lamaran tersebut ke kantor wilayar penerimaan CPNS sesuai dengan domisili anda.

Untuk alamat pengirimanya silahkan lihat pada tabel di bawah ini
 

pada table diatas terdapat alamat pengiriman berkas lamaran lengkap utnuk 33 provinsi di indonesia mulai dari aceh sampai papua.


B. Pengumuman seleksi administrasi (berkas) (tanggal 5 September 2017)

Pada tanggal 5 september 2017 akan keluar pengumuman seleksi berkas administrasi yang telah anda kirimkan diatas. Jika berkas anda memenuhi syarat, maka selanjutnya akan keluar pengumuman nama anda apakah lulus atau tidak.

C. 6 september - 9 september 2017 (cetak nomer ujian online)

Pada tahap silahkan anda buka kembali situs https://sscn.bkn.go.id/, lalu silahkan cetak nomer ujian anda sebagai perysaratan untuk mengkuti ujian komputer secara online.

selanjutnya setelah mendapatkan nomer ujian anda akan mengikuti serangkaian tes atau ujian tertulis dan praktek serta wawancara langsung. Setelah semua tahapan proses anda lalui, nanti akan keluar pengumuman akhir pada tanggal 13 november - 16 november 2017.

sedangkan untuk formasi lainya seperti S1 silahkan download PDF persyaratan dan caranya disini. https://drive.google.com/file/d/0BxUI6pIYCCYxYmtHYWotOWZvTFk/view

0 Response to "Download Persyaratan dan Cara Pendaftaran CPNS online (Sipir) Tamatan SLTA/SMA"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *