Pro Kontra Rio Haryanto Membalap di F1, Minim Prestasi Netizen Membully

Rio haryanto resmi menjadi pembalap formula 1. Rio adalah satu satunya perwakilan dari indonesia bahkan Asia pada musim 2016 formula 1 yang akan berlangsung sebanyak 21 seri. Meski rio haryanto adalah satu satunya dan yang pertama dalam sejarah, warga negara indonesia yang berlaga di ajang balap bergengsi F1 (formula 1), tak serta merta membuat masyarakat indonesia berbangga diri. Meski tak dipungkiri pula tidak sedikit yang mendukung dan mengelu2kan rio haryanto.

Bagi mereka yang pro dan mendukung Rio haryanto, melihat dari sudut pandang nasionalisme, bahwa indonesia kini sudah bisa disejajarkan dengan negara-negara maju yang rata-rata memang para pembalap f1 ini berasal dari negara kaya raja maju dan sejahtera. betapa bangga dan riang gembira ketika bendera indonesia berkibar di ajang balap paling bergengsi sejagad raya formula 1. Meski pada kenyataanya, ini semua masih sebatas mimpi karena pada dua seri pembuka rio haryanto tampil kurang maksimal, bahkan jauh dari kata maksimal. Seri pertama Rio gagal finis, Seri kedua start dari posisi paling buncit.


Bisa dimaklumi, masyarakat indonesia memang pantas bangga, jika memang harus membanggakan diri, karena negara asia yang jauh lebih kaya dan maju di banding indonesia seperti jepang, korea selatan, singapura, sama sekali tak punya perwakilan pembalap di ajang formula 1. Nah, indonesia yang akan seakan kejatuhan mukjizat dari langit sekonyong-konyong memiliki satu perwakilan pembalap, meski ditengah carut marut olahraga nasional seperti nasip PSSI yang seakan hidup enggan mati tak mau. Tak tanggung-tanggung, pemerintah rela menggelontorkan dana 250 milyar demi rio haryanto bisa terjun ke ajang F1.

Dari titik ini, kemudian banyak yang kontra alias tidak mendukung keberadaan rio haryanto sebagai pembalap F1 perwakilan indonesia. Rio dinilai terlalu prematur dan memaksakan diri di tengah kondisi bangsa yang sesungguhnya masih lebih membutuhkan uluran dana ketimbang membiayai seorang pembalap profesional. Catat! Seorang pembalap atau atlet profesional. Apa itu atlet profesional? Ialah seorang atlet yang mencari penghidupan dan kekayaan dari profesi atletnya. Contoh banyak altet dunia seperti valentino rossi pembalap motogp, floyd maywether petinju dunia, termasuk rio haryanto dan menjadikan membalap sebagai profesinya.

Jikalau katakanlah haryanto berhasil menjadikan bendera indonesia berkibar di kancah internasional, itu hanya side efek dari prestasi keatletanya. Tujuan atlet rofesional bukanlah mengibarkan bendera negara melainkan memperoleh pendapatan finansial sebanyak banyaknya. Berbeda dengan pembalap amatir. amatir, seperti pata atlet olimpiade, sea games, mereka menjadi atlet murni sebagai perwakilan negara, jadi mereka tidak memiliki pemasukan lain selain intensip yang diberikan oleh negara.

Posisi rio haryanto yang sedemikian rupa semakin menjadika ia sebagai sasaran empuk para kritikus. Rio haryanto dinilai terlalu kemaruk. Ditengah kondisi bangsa yang memprihatinkan, pun ia mesti pula memeras APBN yang kian menipis dengan dalih mengharumkan nama bangsa.

Mungkin, para kritikus akan diam, jika Rio berhasil mempertontonkan skill apik, mempecundangi sebastian vettel dan leweis hamilton, dan abra kadabra, Rio berhasil menginjakan kaki di podium 1. Tapi itu tampaknya akan menjadi mimpi hingga akhir musim, mengingat, dua faktor krusial, skill Rio haryanto belum terlalu adaftif dengan kemudi F1, kedua, manor racing, tempat rio bernaung adalah tim ecek-ecek di F1.Target yang amat menyedihkan bari para pendukung rio adalah, berharap rio berhasil finis, tidak kena overlap, dan menang dari rekan setim. Itu saja. Dan kalau itu saja tidak bisa diwujudkan oleh seorang Rio, bukan tidak mungkin mereka yang mulanya meneriakan Go go rio, bisa berbalik meriakan kampret lu rio

Berikut ini komentar para netizen di media maya tentang posisi rio haryanto di ajang formula 1. Anda mendukung (pro) atau tidak mendukung (kontra) atau biasa saja? silahkan berikan komentar di bawah...

0 Response to "Pro Kontra Rio Haryanto Membalap di F1, Minim Prestasi Netizen Membully"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *