Jelang Motogp 2016 Prediksi Seri perdana Losail Qatar

Beberapa hari lagi motogp 2016 akan dimulai. tepatnya 20 maret 2016. Seri perdana di sirkuit losail qatar. berlangsung malam hari. motogp 2016 tampaknya akan sangat spesial, seakan menyambung duel yang tidak tuntas antara para rider di musim 2015 lalu..

suzuki 2016 sumber gambar: motogp.com

Namun di sisi lain, tayangan motorgp memang sangat layak untuk dinantikan karena memang ini sangat berkualitas. Apalagi, di musim 2016 ini, persaingan para rider dan tim pabrikan diprediksikan semakin ketat dan seru.

Apa yang membuat Motogp 2016 ini pantas kita tunggu?


1. Rossi VS marquez
Musim motogp 2015 berakhir dengan dramatis. Perjuangan rossi yang pontang panting dari awal musim kandas, dengan satu kisah tendangan karena berselisih dengan marc marquez. Rossi berniat membalas kegagalan di musim 2015 yang lalu pada musim ini. Pun demikian dengan marc marquez. Baby alien ini bukan pembalap sembarangan. Pada musim pertamanya saja di motogp sudah menjadi juara duniaa, berturut-turut pula. Pada musim 2016, marcquez menuding rossi lah yang membuat dia gagal meraih podium, karena terlibat kontak fisik yang menyebabkan marc crash dan gagal finish. Terlepas dari gaya membalap marc marquez yang seoalah tidak peduli pada limit motor. Apakah marc marquez masih menjadi "alien" di musim 2016?

2. Peraturan baru motogp 2016

Pihak dorna telah mengeluarkan peraturan baru pada motogp musim 2016 ini. Dorna sekali penyelenggara tunggal motogp memang saban tahun selalu menelurkan peraturan baru di motogp. Ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghindari dominasi berlebihan dari sebuah tim atau pabrikan. Sebab jika tidak di kontrol dengan regulasi, maka pabrikan yang paling canggih akan sangat mendominan, hingga balapan akan terasa monoton dan tidak seru. Sebut saja, dikala honda masih menggunakan sofware buatan sendiri dan dengan mesin canggih kala itu dengan konfigurasi V5, nyaris tak ada lawan.

Maka dibuatlah peraturan baru, termasuk di musim 2016 ini, dua peraturan yang paling berpengaruh dan berbeda dari musim 2015 lalu adalah: pertama, penggunan ban michelin dengan ring 17, berbeda dari musim lalu yang menggunakan ring 16,5 dan produsen brigdstone. Kedua, peraturan ECU, alias control electronic. ECU ini disuplai secara tunggal oleh magneti mareli, yang artinya, semua motor menggunakan satu ecu dengan spesifikasi sama. Dijamin semua motor berada pada kondisi yang hampir sama.

3. Menanti sang legenda Valentino rossi

Sudah menjadi khasnya motogp, kalau tak ada rossi sepertinya bukan motogp. Maklum, nama rossi sudah lekat dengan pecinta motogp sejak 1997, ketika rossi pertama kali menjadi juara dunia di motogp sentul kelas 125cc. Hingga tahun 2010 sejak kedatangan lorenzo di tim yamaha, rossi perlahan mulai memudar. Kondisi ini semakin parah setelah kepindahan rossi ke ducati, rossi terseok2, mati enggan hidup tak mau. Banyak yang menilai rossi sudah saatnya pensiun karena umur tidak bisa bohong. Namun rossi kekeuh dan membuktikan dirinya masih pantas disebut salah satu pembalap the fantastic four.

Kepindahan rossi kembali ke yamaha, menjadi ajang pembuktian tersebut. Rossi perlahan bangkit, dan hampir sukses meraih gelar juara dunia yang ke 10. namun gagal secara dramatis karena insiden clash dengan marc marquez di penghujung musim. Kini 2016, adalah saatnya bagi rossi untuk melakukan pembuktian. Now or never!

4. Bangkitnya pabrikan lain

Suzuki dan ducati diprediksi akan mengalami kemajuan yang cukup signifikan di tahun ini. terlihat dari tes pramusim 2016 yang menunjukan progres ducati dan suzuki kian matang. Apalagi ditambah dengan peraturan ECU baru dan ban michelin membuat dominasi honda dan yamaha akan semakin memudar. Mavrick vinales, alex dan pol espargaro adalah pembalap muda ancaman bagi tim honda dan yamaha.  Bayangkan, di tahun pertamanya saja suzuki di musim 2015 lalu sudah memberi ancaman. Apalagi sekarang di 2016. Kita tunggu. Pembalap suzuki mengaku, top speed GSX R motogp tunggangan mereka kini memiliki power lebih dahsyat, plus penambahan fitur unggulan, yakni seamless gearbox!

0 Response to "Jelang Motogp 2016 Prediksi Seri perdana Losail Qatar"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *