Ternyata Equinox Penyebab Suhu Cuaca Panas di Indonesia maret 2016 ini

Tepatnya kemarin dan tadi malam 20 maret 2016, di beberapa daerah di indonesia suhu udara menjadi begitu panas. Tidak biasanya seperti itu. Padahal, didaerah bandung suhu cuaca yang biasa dingin kini berubah menjadi panas seperti di jakarta. Ada apa? Apa penyebab perubahan suhu yang menjadi begitu panas di indonesia pada pertengahan maret ini.

emak emak dikampung langsung mengaitkan fenemena panasnya cuaca ini dengan tanda-tanda kiamat dan berbai mitos mistis. Namun, ternyata ada penjelasan yang lebih logis dan ilmiah. Indonesia akan mengalami Equinox, tepatnya pada pertengahan maret 2016 ini. Apa itu equinox?
equinox menyebabkan bumi panas

Dirilis detik.com, Equinox adalah salah satu fenomena astronomi saat matahari melintasi garis khatulistiwa. Ini penjelasan dari Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr. Yunus S Swarinoto.

Fenomena ini secara periodik berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September," kata Yunus dalam keterangannya, Minggu (20/3/2016).

Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan.

"Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, di mana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat celcius," jelas Yunus.

Memang ada peningkatan suhu udara saat terjadi fenomena Equinox. Namun tak akan sampai mencapai 40 derajat celcius seperti isu hoax yang beredar.

"Equinox bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama," imbuh Yunus.

So, jelas sudah tabir misteri kenapa beberapa hari ini cuaca berubah menjadi sangat panas. Bahkan, beberapa hari yang lalu, ada sebuah isu heboh yang mengatakan suhu di indonesia akan mencapai 40 derajat celcius.

Isu 40 derajat hoax

Sebuah pesan siaran tersebar yang menyebutkan bahwa akan ada fenomena Equinox yang melanda Singapura, Malaysia, dan Indonesia selama 5 hari ke depan. Fenomena ini disebut akan meningkatkan suhu yang cukup signifikan sampai dengan 40 derajat celcius.

Pesan siaran itu menyarankan masyarakat untuk berdiam di dalam rumah pada pukul 12.00 - 15.00 WIB pada tanggal 20 Maret 2016. Disebutkan pula bahwa Equinox dapat menyebabkan dehidrasi dan heat stroke. Tautan berita pun dicantumkan dalam pesan tersebut.
kucing kepanasan korban equinox masuk kulkas

Masyarakat bahkan disarankan untuk meletakkan baskom yang diisi air separuhnya di ruang tamu untuk menjaga kelembaban udara. Selain itu disarankan pula memasang lilin di luar rumah untuk mendeteksi tingkat panas apakah sampai membuatnya meleleh. Apakah informasi soal dampak Equinox itu benar atau hoax?

Ternyat isu ini hanya hoax. Cuma memang masyrakat perlu meningkatkan kewaspadaan, sebab pada bulan maret ini sebagian besar wilayah indonesia akan memasuki musim kemarau. So jangan buang api sembarangan.

0 Response to "Ternyata Equinox Penyebab Suhu Cuaca Panas di Indonesia maret 2016 ini "

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *