Contoh Kasus Jajanan Pinggir Jalan berbahaya dan Menjijikan di indonesia

Mi ayam, bakso, gorengan, siomay, kentang goreng, pop ice, dan seribu satu macam jaajanan pinggir jalan yang beredar di indonesia. Penjualnya pun kian menjamur. Kebanyakan menggunakan gerobak sederhana. KOnsumen beragam mulai anak anak remaja hingga dewasa.

Dengan menerapkan prinsip dagang modal sekecil kecilnya meraih untung sebesar besarnya terkadang banyak melahirkan oknum pedagang nakal. Jajanan pinggir jalan jauh dari kata sehat. Atau barangkali wawasan atau ilmu para pedagang pinggir jalan tersebut begitu terbatasnya sehingga sama sekali tidak menerapkan pola masakan sehat pada dagangnya, miris.



Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta melakukan sidak di pusat jajanan Kampung Lima, Sabang, Jakarta Pusat. Hasilnya, ditemukan sejumlah makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Kepala BPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah makanan tahu dan kwetiau yang mengandung formalin. Selain itu ada juga ketupat yang mengandung boraks. Serem banget kan gan!

http://opini.id/pertanyaan/8328/bppom-melakukan-sidak-makanan-di-pasar-sabang-kampung-lima-kira-kira-hasilnya-apa-ya

Penampakan Uji lab jajanan:

Pada dasarnya jajanan memang kebutuhan setiap manusia. Bukan hanya di indonesia, bahkan di seluruh dunia termasuk negara maju bisnis jajanan pinggir jalanan ini adalah salah satu yang menjamur karena peminatnya banyak. Cuma yang jadi masalah di indonesia karena rata rata penduduknya kelas ekonomi menengah ke bawah jadinya para konsumen maunya harga murah. Para pedagangpun karena ingin laku akhirnya menghalalkan segala cara mengolah jajanan demi supaya menjadi murah akhirnya mengorbankan kesehatan dengan mengabaikan nilai nilai kesehatan.


Berikut ini beberapa contoh jajanan di indonesia yang bikin muntah dan sangat tidak sehat!


1. Sajian Sapu-sapu ala Ciliwung





Siapa yang nggak pernah jajan siomay, batagor, empek-empek atau bakso di pinggir jalan? Pasti pernah kan? Tau nggak bahan-bahannya beli dimana? Menurut video ini, jajanan-jajanan tersebut dibuat dari olahan ikan sapu-sapu yang ditangkap dari kali Ciliwung. Iya! Ciliwung!!! Tau sendiri kan, gimana “jernihnya” air kali yang satu ini? Ngeri bangett bro!  


2. Gorengan Ember dari Bekasi






Nah, ini nih gorengan sebagai salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tapi ada gorengan yang dibikin dengan proses mengerikan! Salah satu warung di Bekasi, nekad memakai tutup ember plastik buat menutup wajan saat proses menggoreng. Duh, kalo tutup ember plastik itu meleleh dan masuk ke dalam minyak goreng beserta isinya, gimana coba?


3. Mie (katanya) Ayam Berbuntut Tikus di Bandung






Imas Dyanti mempunyai pengalaman tak terlupakan saat menyantap mie ayam dari pedagang yang berada di sekitar tempat ia bekerja, di Jl. Gempol, Bandung (ane rasa dia kapok makan mie ayam bakso lagi deh). Gak mau ada korban lain, Imas langsung nyebarin pengalaman buruknya itu lewat akun facebook miliknya. Gak cuma itu, ia juga berhasil motret barbuk alias barang bukti, berupa ekor tikus yang berhasil ditemuin di mie yang dibelinya itu! HOEKKK!!!!

5. Jajanan Sekolah Beracun




Bukan cuma mantan, jajanan sekolah juga suka bikin kangen.. Tapi dibalik nostalgia, kenangan dan memori di bangku sekolah, ternyata jajanan-jajanan ini berbahaya banget buat dikonsumsi. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan hampir 40% jajanan sekolah mengandung zat berbahaya, gokil kan? Berdasarkan 856 sampel jajanan dari pedagang keliling yang sering mangkal di luar pagar sekolah, 5% diantaranya mengandung formalin, boraks, dan zat pewarna tekstil. GILAAA!!!

Begitulah tradedi fenoemna jajanan di indonesia yang bikin miris. Bagi para bapak ibu semoga bisa menjaga anak anaknya supaya tidak jajanan sembarangan. Kalau bisa buatkan saja bekal untuk kesekolah supaya lebih termain kesehatanya.

diolah dari
http://www.kaskus.co.id/thread/565e91f21ee5dff4548b456a/?ref=homelanding&med=hot_thread

0 Response to "Contoh Kasus Jajanan Pinggir Jalan berbahaya dan Menjijikan di indonesia"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *