Cara Sharing Printer di windows 7 dan windows 8 melalui WIFI atau lan

Fungsi atau kegunaan dari sharing printer ini adalah menggunakan satu printer untuk beberapa komputer atau laptop. Ya namanya juga sharing artinya berbagi. Satu printer bisa digunakan oleh lebih dari satu komputer. Sharing komputer ini biasanya berguna di tempat kerja dimana setiap pekerja menggunakan komputer masing masing, namun ketika ada data yang hendak di print, biasanya akan copy data lalu bolak balik ke komputer yang ada printernya. Itu artinya belum menerapkan sistem sharing printer.

Syarat dari pada sharing printer ini tentu saja harus ada jaringan. baik itu jaringan LAN atua wifi yang terhubung antara satu komputer dengan komputer lainya. Tutorial berikut ini saya jalankan pada windows 7 dan windows 8. Tapi pada dasarnya cara kerjanya sama saja, aoakah windows xp, vista, atau bahkan windows 10. lalu bagaimana caranya? mari kita lihat.

1. Ini dilakukan di komputer utama yang menggunakan printer. masuk ke: Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers




2. pilih printer yang akan anda sharing, lalu klik kanan, akan muncul pilihan arahkan ke Printer properties, lalu muncul pilihan printer yang akan anda sharing. klik.

3. Setelah itu muncul printer properties seperti gambar di bawah, arahkan ke tab Sharing. lalu chekbox pada share this printer

4. anda bisa membuat nama printer terserah anda. Tapi nama default juga biasanya akan muncul.



Selesai. sekarang printer pada satu komputer diatas sudah bisa diakses dan beberapa komputer yang memiliki network dengan komputer diatas sudah bisa menggunakan printer yang terpasang. lalu kemudian tentu saja persoalan bagaimana caranya menggunakan sharing printer yang sudah ready tersebut digunakan melalui komputer klien?

Mudah saja, masuk windows explorer\network, lalu pilih nama komputer atau ip komputer yang melakukan sharing printer diatas. Biasanya akan muncul beberapa device salah satunya adalah priter tadi. Klik kanan lalu pilih connct. Selesai. Anda sudha bisa ngeprin dari komputer anda.



semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Sharing Printer di windows 7 dan windows 8 melalui WIFI atau lan"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *