Penyebab STNK motor dan Mobil diblokir saat bayar pajak

Ini pengalaman nyata saya, saat hendak membayar pajak motor, eh tau taunya petugas mengatakan, tidak bisa bayar pajak karena stnk diblokir? saya sempat bingung dan baru dengar ada istilah blokir untuk stnk kendaraan bermotor. Sempat pula saya duga bahwa petugas tersebut sedang melakukan penipuan atau apa. Namun setelah cari cari info dan tanya sana sini pada teman teman yang sudah pernah berpengalaman soal bayar membayar STNK, ternyata memang benar, ada istilah blokir pada stnk kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor.

Penyebabnya adalah, ada beberapa hal, namun yang pasti bisa dipastikan kalau kendaraan yang hendak anda bayar pajaknya adalah kendaraan tangan kedua, ketiga atau seterusnya. Dalam artian bukan tangan pertama(milik andadari awal) yang artinya di bpkb kendaraan motor atau mobil anda tertulis pemilik pertama motor atau mobil tersebut dan bukan nama anda. Sebelum anda balik nama menjadi milik anda sendiri kemungkinan stnk diblokir bisa terjadi.

Apa penyebabnya? ada dua, pertama nama pemilik pertama memang stnk tersebut bermasalah, dalam artian memang tidak terlalu serius, seperti pemilik tersebut pernah ditilang, dan ketika sidang yang bersangkutan tidak datang, akhirnya nama pemilik stnk tersebut diblokir.

Penyebab kedua, adalah karena pajak progresif. Pajak progresif adalah pajak yang di kenakan apabila kita memiliki kendaraan lebih dari satu untuk kendaraan dengan cc 250cc keatas. disini, mungkin pemilik pertama kendaraan anda melakukan blokir atau sengaja melakukan pemblokiran pada no polisi kendaraanya yang telah menjadi milik anda. Alasanya, jika pemilik pertama tidak melakukan pemblokiran ini, pajak progesif akan terus dikenakan atas namanya, meski kendaraan tersebut sudah menjadi milik pihak kkedua ketiga dan seterusnya. Artinya, memang sengaja diblokir oleh pemilik pertama.

So sampai disini mungkin sudah jelas, anda tidak perlu merasa bertanya tanya kenapa stnk saya doblokir.

Solusi cara buka blokir STNK kendaraan bermotor.


Sutaji Adpel Samsat Lamongan terkait cara membuka blokir kendaraan menjelaskan," jika wajib pajak ingin membuka Kendaraan yang diblokir harus memenuhi beberapa persyaratannya, " Ujarnya

Wajib pajak membuat surat permohonan buka blokir ke Polri yang berkaitan dengan tindak Pidana dan surat permohonan ke pengadilan yang berkaitan dengan tindak Perdata. "Permohonan buka blokir diajukan oleh instansi Polri dan Pengadilan yang melakukan Pemblokiran," Jelas Sutaji

Surat permohonan wajib pajak laporan Kemajuan Kasus dengan menunjukkan STNK Asli, BPKB Asli, KTP Asli dan hasil cek fisik dengan dihadirkan kendaraan.

inipun dengan catatan anda sudah harus membalik nama pada BPKB kendaraan menjadi milik anda.

" Usai dipenuhi semua wajib pajak menunggu keluarnya surat Disposisi dari Polisi dan Pengadilan sebagai memo atau perintah kepada samsat," Terang Adpel Samsat Lamongan.

Untuk informasi lebih lanjut atau pengaduan kata Sutaji, dapat menghubungi no telepon 082331167999 dan (0322) 322559 atau bisa langsung menghadap Adpel serta Kanit Reg Ident dengan datang ke Kantor Samsat Lamongan di Jalan Veteran No. 1 Lamongan." Imbuhnya.

Tentu saja prosedur ini akan terasa sangat ribet dan bertele tele. Yah namanya juga birokrasi di indonesia. Entah kenapa kok dipersulit banget. namun ujung ujjungnya ada jalan pintas, tinggal sogok uang sekian, langsung blokir itu bisa dibuka tanpa ba bi bu.

Ini lagi lagi lanjutan pengalaman saya diatas, karena waktu jatuh tempo pajak sudah mepet kayaknya tidak mungkin untuk balik nama dan segala macam. Akhirnya petugas menawarkan jasa cepat buka blokir, jadi dananya sekalian bayar dengan biaya pakak. Pengalaman saya buka blokir motor 650cc, adalah Rp.600.000. ini baru dana buka blokir, jadi jika ditambahkan dengan pajak pokok, progresif dll yang total Rp.5.400.000 ditambah ongkos buka blokir 600.000, jadi Rp 6.000.000. Itulah total biaya pajak pertahun motor 650cc plus pajak pprogresif plus buka blokir.

Tentunya jika motor anda ccnya lebih rendah biayanya akan lebih murah. Contoh teman saya juga mengalai kejadian serupa, bayar pajak motor 250 cc. Pajak pokoknya 1 juta rupiah, tambah ongkos buka blokir 500 ribu rupiah jadi total 1 juta 500 rupiah untuk motor 250 cc untuk satu tahun.

Semoga bermanfaat,

1 Response to "Penyebab STNK motor dan Mobil diblokir saat bayar pajak"

  1. Mmm saya juga mau buka blokir untuk mobil saya. Sama ongkosnya 600 ribu.
    www.madinarental.com

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *