Obat bau Ketiak Menggunakan Jeruk Nipis - Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah jeruk berbuah kecil dengan warna hijau tua kala masih muda dan kuning ketika matang. Jeruk nipis lebih sering dimanfaatkan atau digunakan ketika masih muda. Rasanya yang asam banget namun segar sering digunakan utuk campuran makanan seperti bakso, mie aceh, dll.

Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle) atau yang sering disebut pula jeruk pecel, jeruk asam, sitron, banyak ditanam di pekarangan rumah dan kebun. Jeruk nipis adalah tumbuhan perdu yang mempunyai banyak dahan dan ranting. Tingginya bisa sampai 6m. Daun pohon jeruk bipis berbentuk bulat telur dan tiap daun memiliki tangkai sendiri.
Bunganya Aurantifolia Swingle berbentuk bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras. Biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat rata, berkulit tipis dan berwarna hijau kekuningan kalau sudah tua. Tempat tumbuh tanaman jenis ini adalah pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh liar, tapi sekarang ini telah dibudidayakan.

Tentu jeruk nipis sudah tidak asing bagi anda. jeruk nipis dapat dengan mudah ditanam dipekarangan rumah dengan cara mencangkok. Ketika sudah tumbuh praktis jeruk nipis hampir tidak membutuhkan perawatan, Jeruk nipis akan tumbuh dengan sendirinya. Jeruk nipis biasanya tahan hidup bertahun hhingga pohonya besar dan mati.

Kandungan

Buah jeruk nipis ini terutama mengandung banyak asam sitrat, sampai 7,6 persen. Juga didapati adanya damar, lemak, mineral, vitamin B1 dan vitamin C. Selain itu jeruk nipis juga mengandung minyak terbang, antara lain sitral, limonen, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, dan linalin asetat.

Rasa jeruk nipis yang asam juga bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok.

Kegunaan

Selain manfaat di atas, banyak kegunaan jeruk nipis lainnya. Antara lain untuk disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing/ vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, sakit kepala/pusing tiba-tiba, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk (air buahnya), menghentikan kebiasaan merokok, amandel. penyakit anyang-anyangan, mimisan, radang hidung (getahnya).

Pemanfaatan 

Disentri, ambeien, mencret: akarnya direbus selama lebih kurang setengah jam, kemudian disaring, airnya diminum.

Demam. 

Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2 sampai 4 gelas air. Gunakan air rebusan ini untuk mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membasuh kain pada air rebusan dan diperas, lalu ditempelkan pada dahi penderita.

Batuk kronis

Peraslah sebuah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis sebentar di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah menjadi suam-suam kuku (menghangat), belah buah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik pula untuk menyembuhkan flu.

Sakit tenggorokan: Getah batang ditambah dengan sedikit garam dapat dipergunakan sebagai obat.

Penyakit Kurang Darah

Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 lembar, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 lembar. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya. Air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari.

Menghentikan kebiasaan merokok

Isaplah seiris jeruk nipis. Rasanya yang asam segar membuat Anda terangsang untuk minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi keinginan untuk merokok, juga membantu membersihkan nikotin yang sudah terdapat pada gigi dan mulut.

Bau ketiak yang tak sedap

Siapkan jeruk nipis yang dicampur kapur sirih. Setelah mandi, usapkan campuran ini pada ketiak dan biarkan beberapa waktu sebelum dibasuh. Lakukan pagi dan sore hari. Khasiat lain Perasan jeruk nipis yang dicampurkan ke dalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh, juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.

0 Response to "Obat bau Ketiak Menggunakan Jeruk Nipis - Manfaat Jeruk Nipis"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *