Sejarah lengkap Bom Hiroshima dan Nagasaki dan nagasaki Jepang

Serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan nuklir selama Perang Dunia II terhadap kekaisaran Jepang oleh Amerika Serikat atas perintah Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman. Setelah enam bulan pengeboman 67 kota di Jepang lainnya, senjata nuklir "Little Boy" dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan pada tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan bom nuklir "Fat Man" di atas Nagasaki. Kedua tanggal tersebut adalah satu-satunya serangan nuklir yang pernah terjadi.

Bom atom ini membunuh sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945. Sejak itu, ribuan telah tewas akibat luka atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang dikeluarkan oleh bom. Pada kedua kota, mayoritas yang tewas adalah penduduk.

Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman sudah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini membuat Jepang sesudah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir.





Namun kini, ada hikmah di balik itu semua gan .

Mari kita ingat kembali dahulu tentang sejarah dunia gan.
Kembali ke tanggal 5 Agustus 1945, ketika pasukan pesawat sekutu Amerika, dengan B-29 Flying Superfortress-nya terbang di atas Langit Negeri Sakura.

b-29 Superfortress:



Pesawat tersebut membawa 'Little Boy', nama atau Kode Sebutan dari bom nuklir dengan panjang 3 meter, lebar 71 cm, dan berat 4.000 kg yang mampu melepaskan kekuatan setara dengan 12.500 ton dinamit TNT.




Little Boy


Sekitar pukul 08.15, 'Little Boy' dijatuhkan tepat di atas rumah sakit yang seketika membuat Kota Hiroshima terlihat seperti kilatan cahaya.
Kemudian, ledakan hebat meluluhlantahkan semua orang dan bangunan di sana.
Tercatat, kurang lebih 140 ribu orang orang meninggal dunia gan .

Pesawat B-29 Flying Super Fortress:
Pesawat B-29 Flying SuperFortress sesaat setelah menjatuhkan "Little Boy"


Kini semua cerita, benda-benda peninggalan yang masih ada sejak ledakan bomnya sampai film-film dan video dokumenter, tersimpan lengkap di Hiroshima Peace Memorial Museum.
Museum yang menjadi satu bagian dari Hiroshima Peace Memorial Park yang berada tepat di jantung Kota Hiroshima.

Sejarah kelam bom Hiroshima sejatinya menjadi duka untuk dunia.
Hiroshima pun memiliki banyak julukan, seperti "Destinasi Wisata Kelam" sampai "Destinasi Wisata Perang".

Quote:Tiap tahun, digelarlah peringatan bom Hiroshima.
Tidak hanya dihadiri masyarakat setempat, tapi juga didatangi turis dari belahan negara pun rela datang ke sana.
Mereka mau melihat bagaimana kedahsyatan ledakan bom atom sekaligus mendoakan korban yang meninggal.










Namun ternyata, ada hikmah di balik bom Hiroshima .
Hiroshima Peace Memorial Park yang merupakan tempat bersejarah, menjadi detinasi wisata yang paling sering didatangi oleh turis mancanegara dari seluruh belahan dunia .
Fakta menyebutkan 234.360 turis datang ke sana di tahun 2014, yang berarti kunjungan turis ke sana meningkat 100 persen dibanding tiga tahun lalu.


HIROSHIMA MEMORIAL PARK:




Hiroshima Memorial Park, kini menjadi lokasi wisata yang paling populer di dunia.




Miniatur Ilustrasi Bom Atom yg dijatuhkan di Hiroshima


Foto-foto dokumenter bom Hiroshima


"Nama Hiroshima telah menjadi sejarah dunia. Mereka yang datang ke sini, menceritakan langsung kepada temannya dan mengambarkan suasananya yang menjadi pengaruh yang kuat. Bahkan, Hiroshima Peace Memorial Museum dua tahun berturut-turut masuk daftar TripAdvisor sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi," papar Taeko Abe, perwakilan dari Hiroshima Convention and Visitors Bureau.


Genbakku Dome:


Genbaku Dome, bangunan yang terkena bom tapi masih utuh hingga sekarang




Abe melajutkan, Hiroshima seolah menjadi pesan perdamaian bagi dunia. Hiroshima telah menjadi bukti, bagaimana kehancuran suatu kota dan kematian ratusan ribu nyawa yang tak berdosa gara-gara kepentingan perang.

Ada lagi cerita menarik dari Peter Kuznick, seorang direktur Nuclear Studies Institute at American University asal AS yang suka mengajak anak didiknya ke Hiroshima paling tidak selama dua tahun terakhir. Hiroshima, disebutnya tempat pembelajaran nuklir yang nyata yang bisa berbahaya jika dijadikan senjata perang.

"Hiroshima adalah contoh yang nyata untuk menjelaskan teori mengenai kekuatan bom atom dan sekaligus memberikan buktinya. Hiroshima sekali waktu adalah kota yang damai tapi pernah juga menjadi neraka," katanya.

Bruce Blair, presiden dari Global Zero yang merupakan organisasi penghapusan nuklir menjadi senjata perang juga angkat bicara. Senjata nuklir, apapun alasannya adalah senjata yang sangat berbahaya di dunia dan lebih berbahaya lagi jika ada di tangan yang tidak tepat.

"Hiroshima adalah satu-satunya tempat di dunia yang menjadi contoh nyata dari bom nuklir," katanya.

Sekali lagi, pasti ada hikmah di balik suatu bencana gan.
Meski menyisakan duka mendalam,
Hiroshima kini menjadi tempat manusia belajar untuk lebih menghargai kehidupan dan menghargai manusia lain.
Kunjungan turis pun tak putus ke sana, untuk mengenang tragedi paling mengerikan di dunia.

0 Response to "Sejarah lengkap Bom Hiroshima dan Nagasaki dan nagasaki Jepang"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *