20 Manfaat Buah Kiwi - Kandungan Gizi Buah Kiwi

Kiwi adalah sejenis buah beri yang termasuk kedalam kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida. Actinidia sendiri berasal dari Shaanxi, Cina.

Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya akan serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan.

Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian berganti lagi menjadi kiwi. Nama yang terakhir ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.

Jika dilihat sepintas, buah kiwi memang mirip dengan sawo, buah asli Indonesia. Penampilannya yang berkulit cokelat dan berbulu mungkin terlihat tidak begitu menarik. Tapi, di balik warna dan tampilannya itu, siapa sangka kiwi memiliki banyak manfaat.

Ada lebih dari 30 nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Zespri Health Scinece Research menyatakan buah ini kaya vitamin C. Bahkan, vitamin C yang berasal dari buah kiwi memiliki keunggulan, yakni dapat diserap oleh jaringan tubuh lebih cepat. Tak hanya itu, vitamin C yang berasal dari kiwi juga bersifat sebagai antioksidan dan mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.

kandungna gizi (vitamin) dalam 1 buah kiwi


Jumlah Per 100 gKalori (kcal) 60Jumlah Lemak 0,5 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh-ganda 0,3 g Lemak tak jenuh-tunggal 0 g Kolesterol 0 mg Sodium 3 mg Potasium 312 mg Jumlah Karbohidrat 15 g Serat pangan 3 g Gula 9 g Protein 1,1 g Vitamin A 87 IU Vitamin C 92,7 mgKalsium 34 mg Zat besi 0,3 mgVitamin D 0 IU Vitamin B6 0,1 mgVitamin B12 0 µg Magnesium 17 mg

Buah kiwi juga merupakan superfruit yang mengandung tinggi antioksidan dan vitamin.



Buah ini diyakini baik dikonsumsi siapa saja, termasuk penderita diabetes. Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, buah ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, antara lain:


1. Mencegah asma


Kiwi melindungi anak-anak dari gejala gangguan pernafasan yang terkait dengan asma, seperti mengi dan batuk, dengan meningkatkan fungsi paru-paru.

2. Membantu Mengelola Tekanan Darah
Buah Kiwi tinggi tingkat kalium membantu menjaga elektrolit dalam keseimbangan dengan menangkal efek natrium.

3. Melindungi dari Kerusakan DNA
Sebuah studi oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik dari antioksidan dalam buah Kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan ini dapat membantu mencegah kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah kiwi Tinggi konten vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Untuk Berat Badan
Buah Kiwi rendah Indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan terburu-buru membuat insulin yang kuat seperti buah lain dengan isi gula tinggi, sehingga tubuh tidak akan merespon dengan menyimpan lemak.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Kiwi merupakan sumber serat. Hal ini untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

7. Membantu menghilangkan Racun

Serat fuzzy Kiwi membantu mengikat dan memindahkan racun dari saluran pencernaan Anda.

8. Membantu Memerangi Penyakit Jantung
Makan 2-3 buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah sebesar 18% dan mengurangi trigliserida sebesar 15%.
Banyak orang mengambil aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi hal ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Buah kiwi memiliki manfaat anti-pembekuan yang sama tanpa efek samping, manfaat kesehatan hanya tambahan saja!

9. Cocok Untuk Penderita Diabetes
Kiwi adalah tergolong dalam kategori ‘rendah’ untuk indeks glikemik, yang berarti itu tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Ini memiliki beban glikemik dari 4 yang berarti aman bagi penderita diabetes.

10. Melindungi Terhadap Degenerasi makula dan Masalah Mata Lainnya

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi di lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 porsi buah atau lebih per hari mengalami penurunan degenerasi makula sebesar 36%.
Hal ini diduga terkait dengan tingkat tinggi kiwi yang lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia. Meskipun kedua buah-buahan dan sayuran yang diteliti, efek yang sama ini tidak ditampilkan untuk sayuran.

11. Untuk Keseimbangan Alkaline


Kiwi adalah termasuk dalam kategori ‘paling basa’ untuk buah-buahan, yang berarti ia memiliki pasokan yang kaya mineral untuk menggantikan kelebihan asam, kebanyakan orang mengkonsumsi buah kiwi.

Beberapa manfaat dari tubuh asam/basa yang seimbang untuk: kulit muda, tidur lebih nyenyak, energi fisik berlimpah, mencegah pilek, mengurangi arthritis, dan mengurangi osteoporosis.

12. Untuk Kulit

Kiwi merupakan sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan yang dikenal untuk melindungi kulit dari degenerasi.

13. Rasa yang eksotis

Kiwi tampilan dan rasa enak. Anak-anak sering mensukai mereka karena mereka begitu berbeda dari kebanyakan buah-buahan lainnya. Untuk keseimbangan gizi itu selalu baik, daripada berbagai makanan. Setiap makanan memiliki kualitas sendiri yang unik dan kekuatan.

Masalahnya dengan diet kebanyakan orang adalah bahwa kita makan seperti sejumlah makanan. Hal ini meningkatkan kemungkinan kita tidak mendapatkan cukup nutrisi penting.

14. Tentunya Organik

Buah kiwi adalah daftar makanan yang pada umumnya aman dari banyak residu pestisida. Pada 2012 buah kiwi mwnjadi top 10 makanan paling aman. Sementara itu baik untuk mendukung bila organik, itu juga baik untuk mengetahui apakah ada bahaya besar, jika organik tidak tersedia atau layak untuk Anda.

15. Mencegah penyakit kardiovaskular


Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2-3 buah kiwi per hari membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga bermanfaat mempertahankan kesehatan jantung .

16. Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin di awal kehamilan. Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi folat. Folat sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan kognitif dan mencegah cacat saraf pada bayi.

17. Meningkatkan kesehatan kulit

Buah kiwi juga mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah ini juga lebih banyak dari jeruk. Kiwi juga kaya vitamin E dan Alfa Linoleic Acid, asam lemak esensial. Ini semua merupakan vitamin dan mineral penting untuk perawatan kulit .

18. Meningkatkan kekebalan

Kandungan antioksidan yang kaya dan Vitamin C pada buah kiwi mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang flu.

19. Baik untuk pencernaan

Kiwi hijau mengandung actinidin (enzim alami yang memecah protein).

Buah ini juga memiliki kandungan tinggi serat yang mampu membantu memperbaiki buang air agar lebih lancar. Serat dari kiwi juga telah diteliti mampu membantu membersihkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, vitamin C yang ada dalam buah kiwi diyakini pula bisa membantu menghilangkan kembung dan membantu memfasilitasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

20. Membantu pencernaan Anda dengan Enzim

Kiwi mentah mengandung actinidain, enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan mirip dengan papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas. 

Sekarang Anda telah mengetahui manfaat buah kiwi untuk kesehatan, mungkin kukurangan buah kiwi adalah tidak cocok untuk penderita alergi, penyakit ginjal dan kandung empedu, tetapi lebih cocok untuk penderita penyakit diabetes.

0 Response to "20 Manfaat Buah Kiwi - Kandungan Gizi Buah Kiwi"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *