Tips Menghindari Malas Kerja Sehabis Libur Lebaran (panjang)

Sudah menjadi kebiasaan kalau habis libur panjang maunya nambah libur terus. kerja jadi malas. Apalagi habis liburan idul fitri yang lumayan mengasyikan tapi melelahkan. Karena sebagian ada yang mudik ke kampung nan jauh di mata.

‘Mabuk’ pasca liburan dapat membuat Anda lelah, tidak termotivasi, atau malas kembali ke rutinitas. ‘Sindrom malas kerja’ pun kerap melanda mereka yang bekerja kantoran.

Namun, dengan menerapkan beberapa trik sederhana berikut, Anda bisa mengalahkan rasa malas, menyelam kembali ke dalam rutinitas produktif, bahkan bisa lebih bersemangat karena pikiran lebih rileks setelah berlibur.

1. Membongkar koper

Bongkarlah koper dan barang bawaan Anda sesegera mungkin setelah pulang dari liburan. Semakin lama Anda membereskannya, semakin lama semangat kerja Anda kembali.

2. Mencuci pakaian

Membiarkan pakaian kotor menggunung bisa membawa pengaruh buruk yang sama dengan tidak segera membereskan koper. Anda akan semakin malas kembali ke rutinitas karena masih terbuai dengan waktu santai saat liburan.

3. Pergi berbelanja

Lemari es Anda kemungkinan kosong atau justru menyisakan makanan tak layak konsumsi karena lupa membersihkannya sebelum pergi liburan. Sebaiknya, segeralah berbelanja keperluan harian.

Ini mungkin tampak sepele, tapi cara ini ampuh untuk membuat diri Anda ‘kembali ke kenyataan’ dan membuat semangat Anda kembali ke rumah.

4. Detoks dari makanan liburan

Saat liburan tiba, Anda cenderung lebih cuek dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena asyik berwisata kuliner, berbagai makanan tidak sehat pun tak segan Anda telan.

Karena itu, setelah kembali ke rumah, segeralah detoks tubuh Anda dari makanan-makanan liburan yang cenderung tidak sehat. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mempercepat proses detoks tersebut.

5. Olahraga

Cara efektif lain untuk mengalahkan ‘sindrom malas kerja’ pasca liburan adalah dengan melepaskan beberapa endorfin melalui aktivitas fisik. Lakukan olahraga intensitas ringan seperti latihan kardio dan latihan beban.

6. Seimbangkan kembali keuangan

Liburan terkadang membuat orang lupa diri saat mengeluarkan uang. Karena itu, pastikan untuk memeriksa saldo rekening bank segera setelah Anda tiba di rumah. Cara ini tidak hanya untuk mengetahui berapa uang yang sudah Anda keluarkan selama liburan, tetapi juga berguna untuk mengatur kembali anggaran hidup Anda.

Dengan demikian, semangat untuk kembali bekerja dan menghasilkan uang lebih banyak akan cepat kembali.

7. Mengalahkan jet lag

Pada hari pertama Anda kembali ke kantor, jangan menyerah dengan jet lag: merangkak di bawah meja dan tidur siang. Sebaliknya, lawanlah jet lag dengan pergi ke tempat tidur pada jam normal untuk mengembalikan jam biologis tubuh Anda. Selain itu, perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

0 Response to "Tips Menghindari Malas Kerja Sehabis Libur Lebaran (panjang)"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *