Tanggal Berapa Lebaran Idul Fitri 2017 Versi Menteri Agama?

Tanggal pasti lebaran idul fitri selalu saja menjadi polemik setiap tahunya. Meski umat islam adalah satu agama, namun juga memiliki beragam aliran mahzab dan semacamnya. Hingga muncul pula perbedaan pada penetapan tanggal 1 syawal yang mana ini adalah hari idul fitri atau lebaran setiap tahunnya.

Demikian pula dengan tahun 2017, masyarakat pasti bertanya tanya tanggal berapa lebaran idul fitri tahun 2017 ini. Apakah maju satu hari atau lebih cepat satu hari.

Sebenarnya tidak terlalu sulit. tergantung dari aliran apa islam anda. Apakah muhammadiyah, NU atau islam yang biasa biasa saja. Atau ada aliran islam lain. Kalau islam mayoritas di indonesia biasa tidak sulit menentukan lebaran, tinggal lihat saja kalender tahun 2017, jika disana ada tanggal merah yang menandakan libur nasional hari raya idul fitri maka hari itulah lebaran tiba. Biasanya sih tidak melenceng.
Walaupun pemerintah melakukan sidang isbat biasanya hanya sebagai formalitas saja. Sementara kalau kaum muhammadiyah akan melakukan lebaran lebih cepat satu hari. entah perhitungan dari mana pokoknya mereka lebih cepat aja. Sedangkan ada beberapa golongan atau aliran islam lain yang justru lebih extrem yakni lebih cepat 3 hari dari versi pemerintah. Sebut saja contohnya islam naqsabandiyah.

Tapi sebenarnya ada cara yang lebih gampang. Kalau puasa itu biasanya 30 hari nah hitung saja dari mulai hari awal puasa, maka lebaran idul fitri tahun 2017 akan jatuh pada hari jumat 25-26 juni 2017. tapi untuk memastikan sih tinggal tunggu penguman resmi pemerintah melalui menteri agama biasa akan disiarkan langsung oleh stasiun tv nasional. Ini dinamakan sidang isbat yang akan dilakukan oleh perangkat kementerian agama dan pihak terkait untuk menentukan pakan jatuhnya 1 syawal yang tepat.

Sidang isbat ini jadwalnya akan dilaksanakan pada hari sabtu 24 juni 2017 selepas magrib. Jadi siap siap saja anda di depan TV masing masing yang biasanya akan disiarkan secara langsung. Disana akan jelas, kapan jatuhnya 1 syawal hari raya idul fitri 2017. Apakah jadi tanggal 25 juni 2017 alias hari minggu, atau mungkin jadi tanggal 26 hari senin.

Sebab PP Persis organisasi kemasyarakatan( persatuan islam)  menggunakan dua kriteria dalam menentukan hari raya idul fitri. Yakni beda tinggi antara bulan dan matahari minimal empat derajat. Dan jarak elongasi antara bulan dan matahari minimal 6,4 derajat. Dengan menggunakn kriteria itu maka perhitungan yang dilakukan oleh dewan Hisab dan Rukyat PP Persis yang mengacu kepada ahli astronomi didapatkan hasil 1 Syawal jatuh pada tanggal 25 atau 26 juni 2017.

UPDATE:

Sekian semoga bermanfaat

0 Response to "Tanggal Berapa Lebaran Idul Fitri 2017 Versi Menteri Agama?"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *