Harga BBM Pertalite September 2015 Cocok Untuk Kendaraan jenis Ini

Pertamina ahirnya resmi meluncurkan BBM jenis baru, Pertalite! Pertalite adalah BBM dengan ron 90. Ini artinya masih lebih rendah dari pada pertamax dengan ron 92. Namun lebih tinggi dari premium dengan ron 88. Lantas, kendaraan, mobil atau motor jenis apa saja yang cocok menggunakan BBM jenis baru pertalite ini? BBm jenis pertalite ini resmi dibanderol  pertamina dengan harga Rp8.400 per liter.

Pertama perlu dipahami apak itu angka oktan yang terkandung pada masing masing jenis BBM. ada 88, 90 dan 92. Ini yang lazim beredar di indonesia. O ya ada satu lagi, 95 yakni jenis pertamax plus. 

Angka oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. 
dok. liputan6.com

Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin atau bahasa lazimnya ngelitik yang terdengar bunyi tik tik tik dari dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

Nah untuk memilih BBM dengan jenis oktan yang tepat untuk kendaraan, masing masing pabrikan biasanya sudah memberikan spesifikasi mesin kendaraan yang bersangkutan, khususnya di bagian rasio kompresi mesin. Biasanya untuk kendaraan umum berkisar antara 7:1 sampai 12:1. Kalau kompresi di atas itu biasanya untuk keperluan balap.

tabel kompresi mesin kendaraan dan jenis BBM sesuai




JENIS BBM ANGKA OKTAN RASIO KOMPRESI
PREMIUM
88
7:1 - 8:1
PERTALITE
90
8:1 - 10:1
PERTAMAX
92
10:1 - 11,5:1
PERTAMAX PLUS
95
11,5:1 - 12:1


Sekarang tinggal anda lihat spesifikasi mesin kendaraan motor atau mobil anda, lalu perhatikan rasio kompresinya BBM jenis manakah yang cocok untuk kendaraan anda. Namun perlu diketahui, beberapa pabrikan sekarang sudah pintar mengakali masalah knocking yang terjadi pada mesin akibat penggunaan BBM yang tidak sesuai. Seperti mengatur derajat pengapian dll. Ini untuk mencegah terjadi kerusakan mesin akibat BBM yang tidak sesuai, karena tidak semua daerah di indonesia terdapat jenis pertamax. Artinya anda boleh saja menggunakan BBM jenis premium pada motor atau mobil kompresi tinggi dengan toleransi tertentu. Tapi jangan keseringan.

0 Response to "Harga BBM Pertalite September 2015 Cocok Untuk Kendaraan jenis Ini"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *