Foto-foto Selfie di Masjid Al-Aqsa

Selama bulan Ramadan, tren selfie (mengambil foto sendiri) tampak kian merebak di Palestina. Tak pandang usia, tua dan muda, warga Palestina menjadikan Masjid Al Aqsa sebagai salah satu objek utama saat sedang selfie.

Melansir laman Haaretz, Jumat (10/7/2015) aksi selfie di depan masjid yang terletak di Yerusalem itu dilakukan untuk kenangan pribadi atau untuk ditunjukkan pada sanak saudara yang dilarang mengunjungi tempat tersebut.

Di Palestina, tren Selfie memang terbilang baru, dan baru ramai dilakukan selama bulan Ramadan tahun ini. "Kami mengambil foto sebagai kenangan, karena belum tentu kami bisa mengunjungi tempat ini lagi pada Ramadan tahun depan," kata Shorouq, wanita muda yang bekerja di West Bank setelah mengambil foto bersama sahabatnya.

Sebaliknya, tren selfie sudah lama populer di kalangan Yahudi. Namun, objek utama yang sering diambil adalah area di sekitar Temple Mount, tempat paling suci bagi warga Yerusalem. Sementara kaum Yahudi yang diizinkan berdoa di sana.

Pemerintah Israel sebelumnya mengeluarkan larangan bagi warga Palestina untuk mengunjungi Masjid Al Aqsa saat Ramadan. Tapi setelah serangkaian serangan yang dilancarkan Israel selama pekan pertama Ramadan, larangan tersebut akhirnya dicabut.

Polisi Israel melaporkan, pada Jumat pertama, sekitar 80 ribu umat Muslim beribadah di Al Aqsa. Ratusan ribu umat Muslim diperkirakan mengunjungi Al Aqsa bulan Ramadan tahun ini.

Banyak warga Palestina yang melakukan selfie sambil memegang catatan bertuliskan pesan untuk para kerabatnya yang tidak bisa berkunjung ke Masjid Al Aqsa.

"Pesan ini untuk kerabat dan anak saya karena mereka tidak diizinkan masuk ke Yerusalem," kata Ibtisam Thaher, seorang ibu dari kota Ramallah, West Bank.

Pada selembar kertas ia telah menulis, Masjid Al Aqsa memanggilmu dan kami berdoa untukmu, Amjad. Menurutnya, seluruh keluarganya ingin datang dan beribadah di Al Aqsa selama Ramadan. (Sis/Nrm)








1 Response to "Foto-foto Selfie di Masjid Al-Aqsa"

  1. It kan masjid Qubbah al shakha
    Bkn mesjid al aqsa
    Jdul y srlfi di mesjid al aqsa
    Tpi poto y kok di mesjid Qubbah al shakha y

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *