Penjelasan: Seekor Kucing Naik atau Turun tangga Bikin Heboh

Berbagai penjelasan dan penjabaran argumen mengenai foto seekor kucing yang terlihat berada di sebuah tangga. Yang menjadi masalah adalah, kucing tersebut sedang naik tangga atau sedang turun tangga? bagaimana menurut anda?


Berikut ini foto kucing yang bikin heboh tersebut.



Beberapa meyakini kalau kucing ini turun dari tangga dengan alasan ada sinar terang di latar belakangnya yang dinilai berasal dari atas. Tapi tak sedikit yang menganggap sang kucing tengah naik tangga.

Diposting di 9Gag, gambar tersebut telah dihujani lebih dari 3.700 komentar. Hampir semuanya adalah perdebatan tentang apakah si kucing menuju ke atas atau ke bawah tangga, dengan argumennya masing-masing.

"Aku menyatakan kucing ini sedang naik tangga karena ia terlihat sedang maju dan melhat ke atas. Ketika kucing sedang turun, dia seharusnya melihat ke bawah," tulis sebuah komentar.

"Jika kucing ini turun ke bawah, maka ekornya terangkat. Jika ia naik ke atas, maka ekornya turun. Jadi kucing ini sedang turun di tangga," tulis yang lain.

Cukup banyak juga yang coba memberikan alasan ilmiah, bahkan memposting video di YouTube soal apakah kucing ini menuju ke atas atau sebaliknya. Akhirnya lebih banyak yang setuju kalau si kucing turun ke bawah.

Alasannya selain cahaya di latar belakang yang kemungkinan besar dari atas, juga desain anak tangganya dan faktor lainnya. "DIlihat dari desain anak tangganya, pasti kucing ini menuju ke bawah," tulis sebuah pendapat.

Kalau saya pribadi setuju sekali dengan pendapat terakhir ini. Kunci penjelasanya adalah pada desain anak tangga. terlihat ada sedikit profil menonjol pada bagian anak tangga (lihat gambar diatas yang dilingkari merah).

Kalau dalam dunia arsitektur (desain rumah), ada dua hal utama yang menjadi faktor terciptanya sebuah karya, yakni fungsi dan estetika. Nah, profil anak tangga tersebut termasuk kedalam faktor estetika alias keindahan. artinya dia tidak berfungsi sama sekali. So, alih alih tonjolan seperti itu ditempatkan di sisi atas anak tangga, yang justru akan menyulitkan dari sisi fungsionalitas, karena permukaan yang tidak datar akan menyulitkan kaki yang berjalan disana.

So, foto tersebut jelas diambil dari angel bawah tangga. dan kucing tersebut sedang berjalan ke bawah alias turun. Mudah kan?

0 Response to "Penjelasan: Seekor Kucing Naik atau Turun tangga Bikin Heboh"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *