Ternyata Santan Tidak Bahaya, Justru bermanfaat bagi tubuh

Di beberapa kesempatan kita sering membaca atau mendengar santan mengandung lemak dan tinggi kolesterol yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun ternyata pendapat tersebut salah karena tidak mengetahui benar manfaat dan kandungan santan yang justru bermanfaat bagi kesehatan.

Santan memang mengandung lemak tinggi dan tentunya megandung kolesterol. Ini yang menyababkan orang menganggap santan bahaya karena orang berpendapat bahwa semua jenis kolesterol tidak baik untuk kesehatan, padahal ada beberapa jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh. Pemahaman ini semakin diperburuk dengan banyaknya orang yang berpantang semua makanan yang dianggap mengandung kolesterol, termasuk kolesterol baik seperti pada santan dan seafood.

"Ada kolesterol rantai pendek yang berfungsi mengusir kolesterol rantai panjang yang jahat dan sekaligus mencegah kapiler usus menyerap kolesterol jahat. Kolesterol ini disebut Phytosterol," kata dr Djoko Maryono DSDP, DSJP, FIHA, FACC, ahli penyakit jantung dalam acara Peluncuran Produk terbaru Hemavitoncardio dan Hemaviton Glucare di Tempo Scan Tower Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Kolesterol jahat atau disebut juga kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) diketahui dapat menimbulkan plak serta mempersempit atau bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko jantung koroner. Asupan kolesterol ini banyak diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti daging merah, jeroan dan mentega.

Banyak orang beranggapan bahwa makanan-makanan seperti santan, minyak kelapa dan seafood juga banyak mengandung kolesterol jahat. Ternyata, makanan ini memang mengandung kolesterol, namun kolesterol baik yang dapat mengusir kolesterol jahat. Pada santan, terkandung phytosterol yang baik untuk tubuh, sedangkan pada seafood juga terkandung zat serupa yang disebut marine cholesterol.

"Saya sangat menyayangkan ada banyak orang bilang masakan padang yang banyak bersantan bisa menaikkan kolesterol, padahal itu salah. Santan pada masakan padang itu baru berbahaya karena sering dihangatkan berulang-ulang. Minyak kelapa juga sebenarnya baik karena mengandung banyak kalori yang cepat diserap tubuh tanpa tertimbun menjadi lemak," kata dr Djoko.

0 Response to "Ternyata Santan Tidak Bahaya, Justru bermanfaat bagi tubuh"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *