Ciri-ciri Es batu yang Terbuat dari Air Mentah dan Matang Sulit dibedakan

Belakangan santer berita tentang Es batu yang terbuat dari air sungai atau air mentah. Bpom RI pun kemudian mengambil inisiatif dengan mensosialisasikan ciri es batu yang berbahan baku air mentah dan air matang.

menurut BPOM Ri cara membedakan es batu yang dibuat dengan air mentah atau air kali dengan es batu yang dibuat dengan air mentah dapat dilihat dari bening atau tidaknya es batu tersebut. Menurut tips tersebut, bening atau tidaknya es batu bisa menjadi indikatornya. Tapi awas, info ini menyesatkan!

Informasi ini sempat pula muncul di akun twitter milik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kepala BPOM Roy Sparringa yang tidak tahu menahu soal 'cuitan' tersebut buru-buru meluruskan sebelum informasi menyesatkan tersebut telanjur menyebar.

"Tidak bisa seperti itu, aman tidaknya es batu harus diuji di laboratorium," kata Roy saat dihubungi detikHealth, Jumat (27/3/2015).


Roy juga mengingatkan, aman tidaknya produk es batu tidak bisa dilihat dari bentuknya. Beberapa orang meyakini es batu berbentuk ice cube lebih aman dibandingkan es batu berbentuk balok, namun anggapan ini dibantah oleh Roy. Ice cube sekalipun, belum tentu aman.

Saran Roy untuk konsumen, saat berada di restoran sebaiknya tidak sungkan untuk cerewet menanyakan asal-usul es batu. Jika es batu diproduksi sendiri oleh restoran tersebut, keamanannya lebih mudah ditelusuri. Jika tidak yakin, lebih baik pesan minuman dingin yang tidak menggunakan es batu.

"Saya mengalami sendiri, dianggap 'orang gila' karena cerewet tanya-tanya soal es batu. Memang harus begitu," tutur Roy.

0 Response to "Ciri-ciri Es batu yang Terbuat dari Air Mentah dan Matang Sulit dibedakan"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *