9 Manfaat minum Teh + 7 Bahayanya bagi Kesehatan

Meminum teh seperti sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang-orang dibelehan bumi. Apalagi di jepang dan cina, bahkan disana terdapat budaya minum teh yang sudah menjadi tradisi. Layaknya kopi, teh kerap dijadikan minuman santai sebagai teman makan cemilan seperti gorengan dan sebagainya. Namun tahukah anda teh ternyata memiliki segudang manfaat dan tentu juga segudang mudharat alias bahaya.? Berikut kami rangkum beberapa manfaat minum teh dan 7 bahaya minum teh bagi kesehatan.
teh (wikipedia)

6 manfaat minum teh


  1. Sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh, juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Manfaat ini dikarenakan adanya Polifenol pada Teh berupa katekin dan flavanol.
  2. Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Fungsinya menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.
  3. Vitamin C dalam Teh berfungsi juga sebagai antioksidan dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Vitamin A dalam Teh untuk mejaga kesehatan mata, hati, dan lain sebagainya.
  5. Mencegah bau mulut, kerusakan gigi yang dilakukan oleh MONOCITRAT dan FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium) dalam Teh.
  6. Membantu metabolisme makanan karena mengandung vitamin B komplek.

9 manfaat daun teh

1. Menambah kilau rambut. Seduh teh hijau dalam air panas selama 15 menit, biarkan dingin selama beberapa jam, kemudian bilas rambut menggunakan seduhan teh tersebut.

2. Menghilangkan sunburns. Sunburns adalah flek kemerahan yang ditimbulkan sengatan matahari. Kompres bagian tubuh yang terkena sunburns dengan kantong teh hijau. Dengan begitu, kemerahan pada kulit bisa berkurang. Jika dilakukan dengan rutin, sunburns akan hilang.

3. Menghilangkan bekas gigitan. Untuk menghilangkan bekas gigitan serangga seperti nyamuk, cukup mengusapkan teh chamomile langsung pada bekas gigitan.

4. Menghilangkan mata panda atau lingkaran di bawah mata. Kafein yang terkandung dalam teh mampu membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan kegelapan sekitar mata yang biasanya ditimbulkan dari kebiasaan bergadang di malam hari.

5. Menghilangkan bau kaki. Asam tannic dalam teh merupakan antibakteri dan antijamur sehingga mampu menghilangkan bau kaki yang disebabkan oleh keringat. Cukup merebus daun teh, biarkan dingin dalam wadah yang besar, kemudian rendam kaki selama 15 menit.

6. Melembabkan kulit kering. Masker dengan teh hijau adalah solusi untuk melembabkan wajah. Teh hijau mampu mengecilkan pori-pori besar dan mencerahkan wajah.

7. Mengurangi rasa gatal setelah bercukur. Biasanya mencukur bulu kaki akan meninggalkan gatal setelahnya. Untuk itu, cukup menekan kantong teh hitam dingin pada kaki yang gatal tersebut.

8.Menambah intens warna rambut. Jika Anda ingin mempertahankan warna rambut tanpa menggunakan pewarna yang berbahan kimia, cobalah menggunakan teh karena teh merupakan penghasil warna terbaik.

9. Membuat kulit tan atau lebih gelap. Seperti dengan mewarnai rambut, menggosok tubuh dengan teh hitam akan meningkatkan warna kecokelatan pada kulit.

Bahaya minum teh bagi kesehatan

Selain menyegarkan dan bermanfaat bagi tubuh, Es Teh maupun Teh Panas juga beresiko buruk bagi kesehatan karena mengandung Kafein dan Asam Oksalat. Studi yang dilakukan peneliti dari Loyola University Medical Center, Amerika, menemukan bahwa orang yang suka minum Es Teh bisa menempatkan mereka pada resiko yang lebih besar terkena penyakit batu ginjal.

Untuk mengurangi resiko buruk tersebut, anda bisa meminimalisir dengan beberapa tips di bawah ini:

  1. Usahakan minum Es Teh tidak terlalu sering.
  2. Banyak minum air putih karena sudah terbukti bagus untuk tubuh dengan membersihkan racun-racun.
  3. Bila temam - teman mau dan cocok, coba minuman Es Teh di padukan / dicampur dengan perasan jeruk (lemon, nipis) karena jeruk mengandung Asam Sitrat yang berfungsi sebagai pembersih dan antioksidan.
  4. Buatlah minuman Es Teh tidak terlalu manis karena dapat menghilangkan zat yang bermanfaat dalam Teh tersebut.
  5. Jangan Minum Teh pada saat atau sesudah makan. Sebab zat gizi terkandung dalam makanan akan dinetralisir oleh Teh.
  6. Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  7. Untuk wanita hamil dan sedang menyusui, hindari minum teh karena kafein dan zat stimulan yang lain bisa merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar ASI.
Tips Cara menyeduh Teh yang Benar: gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat ini sangat penting sekali karena dapat membuat hilangannya manfaat dari teh.

Jadi kuncinya agar anda dapat merasakan khasiat dan manfaat minum teh adalah  dengan menjaga pola makan teratur dan seimbang. Karena memang segala sesuatu yang berlebihan dan tidak pada tempatnya itu tidak baik. Sekian info dari tips kesehatan dan aneka manfaat semoga berguna.

referensi http://id.wikipedia.org/wiki/Teh

0 Response to "9 Manfaat minum Teh + 7 Bahayanya bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *