Review Xiaomi redmi 4 Indonesia Baca dulu Sebelum beli Biar gak Nyesal

Sebelumnya saya menggunakan hp samsung galaxy j5 prime. Baru 3 bulan saya menggunakan samsung j5 prime, saya merasa bosan karena beberapa alasan,  terutama kapasitas baterai yg "standar" (review terpisah). Alasan sebenarnya sih cuma pengen ganti hp aja. Pengen ngerasaian gimana sensasi makai xiaomi redmi 4.

Kenapa saya putuskan mengganti hp dengan xiaomi redmi 4. Karena kapasitas baterainya yg diklaim tinggi, yakni 4100 mAh, dan berjenis Lithium polymer (Li po) tidak seperti baterai smartphone kebanyakan yang masih menggunakan li ion. Tapi kisah sebenarnya sih saya tidak sengaja membeli xiaomi redmi 4  ini, karena tadinya saya ingin membeli xiaomi redmi 4 prime. Yah versi premium dari xiaomi redmi 4.




Ketidak sengajaan itu dimulai ketika saya tanyakan pada penjual, ada xiaomi redmi 4 prime? Ada mas katanya, dan benar saja, dia menunjukan sebuah kotak HP dengan tulisan di belakangnya, XIAOMI REDMI 4 PRIME. harganya berapa tanyaku. 1juta 700 mas. Tapi yg ini Ram 2 GB mas. Kalau yg 3GB harganya 2juta 100.

Loh, memangnya ada xiaomi redmi 4 prime dengan ram 2 GB? Pikirku. Saya beberapa kali melihat spesifikasi di GSMarena, tertulis jelas xiaomi redmi 4 prime dengan spesifikasi ram 3gb. Tapi ya sudahlah, ketika saya cek spesifikasi kedua HP ini, antara yg redmi 4 dengan yg versi 4 prime. Ternyata tidak banyak perbedaan. Terutama kapasitas baterai yg sama, yakni 4100 mAh. Perbedaan cuma terletak pada kapasitas ram, kecepatan procesor, dan pixel layar, yang mana versi 4 prime memiliki spesifikasi yg lebih tinggi.

karena pertimbangan saya pure ingin sebuah smartphone yg daya tahan baterainya tinggi, ya sudah, kenapa tidak ini saja pikirku dengan menjatuhkan pilihan pada xiaomi redmi 4. Toh dengan spesifikasi lebih rendah dan dengan kapasitas baterai yg sama pasti redmi 4 lebih awet baterai ketimbang versi prime.

well, akhirnya saya ambil.

Permasalahan pertama muncul, ketika saya suruh memasukan memory card vgen 8gb milik saya yg sudah berisi berbagai macam file. Eh tidak terdeteksi. kartunya rusak kali mas, kata penjualnya. Gak kok, tadi baru saya keluarin dari samsung j5 prime dan biasa saya pakai oke2 aja, belaku.

Coba keluarin slot cardnya, dan masukin lagi, lalu restart hpnya, baru tedeteksi.

Sampai di rumah saya keluarkan lagi slod memory card yg mana menyatu dengan slot sim1 untuk mengisi beberapa lagu. Buset, setelah dimasukan kok malah tidak terdeteksi, colok cabut colok cabut, restart baru terdeteksi. Kok malah seperti kualiatas hp busuk nih. Di hp2 sebelumnya saya menggunakan memory card ini sekali colok lancar jaya.

lanjut langsung gunakan browsing dengan menggunakan browser chrome yg sudah dibundle dengan berbagai aplikasi android lainya. ternyata muncul pemberitahuan, versi chrome sudah kadaluarsa bla bla bla. Oke, saya upgrade.

Selanjutnya permasalahan kedua muncul, browser chromenya jadi nge lag. anjir, kayak lengket ketika di scroll ke bawah. Asli sangat tidak nyaman. karena terus terang, fungsi utama hp saya ini ya untuk browsing. Kalau fungsi utamanya sudah tidak nyaman, sudah mulai timbul rasa penyesalan di hati ini, apalagi ketika membandingkan kenyamanan ketika saya menggunakan samsung j5 prime.

ya sudah, saya factory reset saja, kembalikan semua setingan ke pengaturan pabrik, termasuk menghapus semua file dan aplikasi yg sudah terinstall termasuk chrome s*alan tadi. Dan beres, setelah di downgrade, chromenya kembali berjalan lancar.

Oya, sebenarnya di xiaomi redmi 4 ini sudah tersedia browser bawaan, dan beberapa browser tambahan seperti uc browser dan opera mini. Tapi saya memang  sudah terbiasa menggunakan chrome, jadi opera mini dan uc browser langsung saya copot.

Dengan demikian browser chrome di hp ini tidak bisa di upgrade kalau ingin lancar, ya sudah saya biarkan saja meski ada notifikasi ketika awal membuka bahwa browser sudah kadaluarsa. Agak sedikit mengganggu.

Lanjut, saya penasaran pengen dengar lagu dari smartphone xiaomi redmi 4 ini. Di toko saya belum coba karena dalam kotak kemasan ternyata tidak termasuk headset. baru di rumah saya menjajal fitur ini. Langsung saya colokan headset bawaan samsung. ee alah... Permasalahan ketiga muncul, kok cuma terdeteksi sebentar?

Setelah dicolokan, putar musik kira2 berjalan 5 detik, ter-un-plug otomatis. Symbol headphone yg ada diatas juga hilang dengan sendirinya. Anehnya, justru ketika headphone dicabut, symbol ini malah muncul dan suara musiknya tidak keluar tapi masuk ke headphone. WTF.

Saya coba colokan lagi headphone, ee justru symbol headphonenya hilang, dan suara malah keluar dari loudspeker. Wah wah, asli ini hp tidak beres.

Colok cabut colok cabut, seperti memperlakukan hp rusak yg sudah jadul, tidak juga bekerja dengan benar. mungkin butuh factory reset lagi pikirku. Dan parahnya, setelah pengaturan versi pabrik juga tidak membuahkan hasil. headphone cuma terdeteksi sebentar, setelah itu hilang secara tiba2 seperti dicabut. padahal tidak.

Setelah riset panjang saya akhirnya menemukan jalan keluar tentang masalah headset atau headphone xiaomi redmi 4 ini yg tidak berfunsi dan error. Caranya, masukan dulu headponenya ke lubang jack seperti biasa, jangan dicabut, lalu restrat samrtphone. Baru dengan cara ini, headset bekerja. Dalam artian bisa digunakan mendengar musik dll, dan tidak mati di tengah jalan. Meski ketika di cek, katanya tidak ada headphone terdeteksi.

ya sudahlah, mungkin inilah kualitas xiaomi sang hp cina, pasrahku. Saya juga sudah malas balik ke toko lagi untuk klaim2 hal remeh tapi ngeselin setengah mati.

Namun disamping beberapa keluhan di atas, fungsi lainya sih normal. terutama untuk daya tahan baterai yg memang super. Saya cek, screen on time xiaomi redmi 4  ini bertahan hingga 12-13 jam hingga menyisakan 11 % baterai. Ini mungkin dua kali lipatnya dari samsung galaxy j5 prime yg sebelumnya saya gunakan yg mana screen on timenya cuma berkisar di angka 5,5 sampai 6,5 jam.

kalau untuk fungsi lainya seperti main game, maaf saya tidak ada pengalaman karena terus terang seberapapun mahal  dan tingginya spek sebuah smartphone saya tidak tertarik barang sedikitpun untuk bermain game pada layar yg seuprit tersebut, karena untuk bermain game saya lebih suka menggunakan laptop dengan layar 17 inch.

Oya, terakhir, tentang kualitas kamera, hasil foto xiaomi redmmi 4 ini terasa lebih gelap setelah saya bandingkan dengan dengan samsung galaxy j5 prime. Keduanya memiliki kapasitas yg sama yakni 13 mp untuk kamera belakang dan 5 mp untuk kamera depan.

Lalu apa lagi.. Jika ada pertanyaan tentang pengalaman saya menggunakan smartphone xiaomi redmi 4 ini silahkan tanyakan di komentar..

0 Response to "Review Xiaomi redmi 4 Indonesia Baca dulu Sebelum beli Biar gak Nyesal"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *