Pengertian Efek CGI contoh dan Cara Pembuatan dalam Sebuah Film

CGI merupakan singakatan dari Computer-Generated Imagery yang artinya sebuah teknologi komputer yang mampu menghasilkan pencitraan efek tiga dimensi yang menyerupai aslinya. Teknologi CGI ini banyak digunakan dalam bidang media digital baik perfilman advertising dan berbagai macam acara televisi.

CGI merupakan tehnik penerapan teknologi komputer grafik untuk pembuatan efek kusus (special effect) dalam film. Perangkat lunak (software/program) komputer yang biasanya digunakan dalam penerapan CGI antara lain 3ds Max, Blender, Light Wafe 3D, Maya, dan Autodesk Softimage. Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial.

Berikut ini beberapa contoh film film yang menggunakan efek CGI yang mengubah layar biru menjadi objek yang diinginkan tergantung cerita film. Kalau anda sering menonton film film hollywood pasti tau film di bawah.

CGI pertama kali diterapkan di film Westworld, 1973. Tentu saja gambar yang dihasilkan pertama kali tak sebagus film The Avenger, Transformer, Amazing Spiderman, Batman, Hulk, Man of Steel. Jika membayangkan bagaimana penggunaan CGI terlalu sulit, simaklah beberapa foto sebelum dan sesudah berikut ini yang mungkin akan membuat tercengang.



Life of Pie (2010) , Sumber: bussinessinsider.com

Tentu akan sulit jika adegan ini benar-benar diambil di laut bersama dengan seekor harimau yang siap menelanmu saat lapar.




Foto adegan CGI

Life of Pie (2010), Sumber: Bussinessinseder.com

Terbayang kan kalau syuting ini harus dilakukan dengan hariamau asli? Inilah fungsi CGI yang sangat membantu memudahkan pembuatan adegan berbahaya.





The Avengers (2012), Youtube.com

CGI juga membantu menghindari adanya korban dari adegan berbahaya seperti ledakan di film-film hero.




Foto adegan CGI

The Hobbit (2014), Youtube.com

Kadang kala susah mendapatkan lokasi yang sangat indah seusai dengan bayangan penulis skenario film. CGI membuat lokasi itu jadi nyata, buktinya di film The Hobbit banyak sekali lokasi indah yang membuat mata terbelalak saat melihatnya.




The Great Gatsby (2013), bussinessinseder.com

Di Indonesia untuk rekontruksi kota tua biasanya menggunakan lokasi syuting di kota tua. Tapi dengan CGI pembuatan kota tua bisa lebih sederhana dalam studio saja.



Foto adegan CGI

Gravity (2013), bussinessinseder.com

Kalau syuting luar angkasa harus dilakukan di luar angkasa tentu sulit dilakukan bukan? Tehnologi CGI inilah yang membantu 'membuat' pencitraan bumi dari luar angkasa.




Puput Puji Lestari

Boardwalk Empire (2010), Youtube.com

Jangan terkecoh, gedung tinggipun bisa dihilangkan dan diubah menjadi kapal besar.




Foto adegan CGI
Game of Throne (2011), youtube.com

Indah bukan sungai yang terlihat membentang di depan? Tapi percayalah, sungai itu tidak nyata.




Foto adegan CGI

The Great Gatsby (2013), Bussinessinseder.com

Mendapatkan mobil klasik tak susulit membuat kota tua yang dilewati. Dengan CGI maka mobil klasik ini bisa melenggang susai dengan tahun produksi mobil ini.

0 Response to "Pengertian Efek CGI contoh dan Cara Pembuatan dalam Sebuah Film"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *