Profil Sadiq Khan Wali Kota London beragama Islam pertama dalam sejarah

Salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa dapat pula dilihat dari bagaimana tingkat kedewasaan rakyat negara tersebut dalam berpolitik. Dalam hal ini london, ibukota sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama nonmuslim, inggris. Baru-baru ini, london sukses melaksanakan pemilu dan menelurkan seorang pemimpin (walikota), yang menjadi spesial kali ini adalah, walikota tersebut beragama islam. Ia bernama Sadiq Khan. Seorang muslim tulen keturunan pakistan yang menjadi migran ke inggris. 

Sadiq Khan terpilih dari kubu Buruh. Ia resmi terpilih sebagai wali kota london, inggris pada jumat 6 mei 2016. mengalahkan saingan terberat dari kubu Konservatif, Zac Goldsmith. Seperti dirilis The Guardian Sadiq Khan memenangi pemilihan dengan perolehan 44 persen suara, sedangkan Goldsmith 35 persen. Yang akhirnya secara resmi Sadiq Khan menjabat sebagai wali kota london untuk periode 2016-2020. Teripilihnya Sadiq Khan sebagai walikota london ini tercatat sebagai yang pertama kali dalam sejarah, pertama kali ibukota negara adikuasa inggris dipimpin oleh seorang muslim.
Sadiq  Khan lahir di London pada tahun 1970 di Rumah Sakit St George di Tooting, London Selatan, Ia merupakan anak kelima dari delapan bersaudara (tujuh putra dan seorang putri) di sebuah keluarga imigran Pakistan.

kakek-neneknya bermigrasi dari India ke Pakistan setelah pakistan pecah dari India pada tahun 1947, dan orangtuanya bermigrasi ke Inggris dari Pakistan tak lama sebelum Khan lahir. almarhum ayahnya, Amanullah Khan, bekerja sebagai sopir bus selama lebih dari 25 tahun; ibunya, Sehrun, adalah seorang penjahit.

Dia tumbuh di sebuah apartemen padat di Tooting yang dikenal dihuni warga multietnis dan multikultur di London selatan. Komunitas sekitar Khan tinggal inilah yang nantinya akan menempa Khan menjadi politisi yang bangga dengan keberagaman.

Khan menyelsaikan pendidikan sd di Fircroft school dan Ernest Bevin College, sebuah sekolah umum lokal. Khan belajar ilmu pengetahuan dan matematika di A-level, karena khan bercita cita menjadi seorang dokter gigi. Pada suatu ketika Seorang guru menganjurkan khan untuk membaca buku2 hukum, karena melihat kepribadian yang khan argumentatif. Saran sang guru ini dan ditambah dengan sebuah tayangan televisi LA Law, khan akhirnya menemui titik balik, ia tertarik pada bidang hukum.

Khan mendapat gelar di bidang hukum dari University of North London. Pada 1994 kemudian ia menjadi pengacara di firma hukum Christian Fisher. Di sinilah kemudian ia berjumpa dengan pengacara Saadiya yang kemudian dia persunting menjadi istrinya

Sebagai pengacara, Khan ahli di bidang pembelaan hak asasi manusia. Pada 2008, ia ditunjuk oleh Perdana Menteri Inggris waktu itu, Gordon Brown, menjadi seorang menteri. Ia menjadi Muslim pertama di Inggris yang menjadi seorang menteri.

Khan menikah Saadiya Ahmed, sesama pengacara, pada tahun 1994 dan memiliki dua anak perempuan, Anisah (lahir 1999) dan Ammarah (lahir 2001).

Khan akan menggantikan wali kota sebelumnya yang dijabat Boris Johnson. Peristiwa ini menandai sejarah baru, yaitu untuk kali pertama seorang Muslim memimpin Kota London.

Di Eropa, Khan merupakan Muslim kedua yang menjadi wali kota, setelah sebelumnya ada Ahmed Aboutaleb yang menjadi Wali Kota Rotterdam, Belanda.

Sementara saingan terberat khan dalam pemilu ini adalah Zac Goldsmith seorang aktivis lingkungan dan anggota parlemen dari Partai Konservatif. Dia adalah putra taipan keuangan James Goldsmith. Goldsmith berulang kali melancarkan kampanye yang menuduh Sadiq mendukung kelompok ekstremis Islam.

Serangan Goldsmith justru efektif membangun solidaritas kelompok minoritas di London untuk mendukung Khan. Seperti dirilis dalam situs http://politicalscrapbook.net, kota-kota kecil dengan kelompok etnik minoritas memberi dukungan kepada Khan hingga 60 persen.

Imigran Asia dan kulit hitam, Muslim, Sikh, Hindu, dan terutama India juga mendukung Khan. Kantor berita AFP juga mencatat, kampanye kotor Goldsmith memicu preferensi para pemilih untuk beralih memilih Khan. 

1 Response to "Profil Sadiq Khan Wali Kota London beragama Islam pertama dalam sejarah"

  1. Pertama selaku sesama muslim kami ucapkan Alhamdulillah.. dan semoga mampu memberikan cerminan akhlak muslim sejati dalam menjalankan tugasnya..

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *