8 Hal yang Bikin Kita Rindu Bulan Ramadhan

Ramadan (bahasa Arab:رمضان; transliterasi: Ramadhan) adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.

Selama bulan Ramadan, penganut agama Islam akan berpuasa setiap hari sampai Idul Fitri tiba. Ied artinya Hari Raya. Fithri berasal dari kata fathara artinya 'memecah, mengakhiri". Ied al-Fithri artinya Hari Raya Mengakhiri Puasa (Ramadan).

Hari terakhir dari bulan Ramadan dirayakan dengan sukacita oleh seluruh muslim di dunia. Pada malam harinya (malam 1 Syawal), yang biasa disebut malam kemenangan, mereka akan mengumandangkan takbir bersama-sama. Di Indonesia sendiri ritual ini menjadi tontonan yang menarik karena biasanya para penduduk (yang beragama Islam) akan mengumandangkan takbir sambil berpawai keliling kota dan kampung, kadang-kadang dilengkapi dengan memukul beduk dan menyalakan kembang api.

Esoknya tanggal 1 Syawal, yang dirayakan sebagai hari raya Idul Fitri, baik laki-laki maupun perempuan muslim akan memadati masjid maupun lapangan tempat akan dilakukannya Salat Ied. Salat dilakukan dua raka'at kemudian akan diakhiri oleh dua khotbah mengenai Idul Fitri. Perayaan kemudian dilanjutkan dengan acara saling memberi ma'af di antara para muslim, dan sekaligus mengakhiri seluruh rangkaian aktivitas keagamaan khusus yang menyertai Ramadan.


1. Salat tarawih Pada malam harinya, tepatnya setelah salat isya, Kaum Muslimin melanjutkan ibadahnya dengan melaksanakan salat tarawih. Salat khusus yang hanya dilakukan pada bulan Ramadan. Salat tarawih, walaupun dapat dilaksanakan dengan sendiri-sendiri, umumnya dilakukan secara berjama'ah di masjid-masjid. Terkadang sebelum pelaksanaan salat tarawih pada tempat-tempat tertentu, diadakan ceramah singkat untuk membekali para jama'ah dalam menunaikan ibadah pada bulan bersangkutan. Setelah melaksanakan sholat tarawih, biasanya langsung di lanjutkan dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat. sumur : https://id.wikipedia.org/wiki/Ramadan Di bulan penuh berkah itu tentu banyak hal yang kita sukai dan tunggu2. 1. Belajar Menghargai Di Bulan ramadhan saya belajar menghargai umat yang melakukan puasa. dari kecil saya sudah terbiasa untuk menghargai temen2 dan tetangga saya yang menjalankan puasa. pernah waktu itu saya laper banget pengen makan ,tapi temen saya puasa  kita lagi kerja tugas bareng. saya putusin untuk menahan lapar sebagai bentuk solidaritas saya terhadap temen saya. saya tau mereka juga pasti lapar pulang sekolah ngga makan sama sekali. kita semua di ajar untuk saling menghargai . dan hal itu membentuk sayamenjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini adalah hal yang fundamnetal dalam mempertahankan persatuan di tengah2 perbedaan. 2. Buka Puasa bersama yah , biasanya klo temen atau tetangga saya buka puasa bersama saya juga di ajak  untuk buka puasa bersama sesekali. kebayang ngga gimana rasanya? rasanya seneng banget  walaupun saya bukan muslim tapi mereka tetap menghargai saya dan malah ngajak buka bareng. rasanya sangat menyenangkan hidup damai ama sesama. ini sangat membekas di hati saya sampai sekarang. kebersamaan itu makin tinggi dan tak ternilai harganya. rasa toleransi dan menghargai sesama makin tinggi. 3. Banyak yang jual jajanan berbuka puasa nah, klo yg satu ini pasti tau. di tempet agan masing2 pasti ad daerah yang selalu rame waktu bulan puasa. rame dengan yg jual cincau, dawet, kurma dll.saya termasuk org yg suka nih klo bulan ramadhan dtg sorenya saya pasti beli jajanan ini. selain itu hal ini juga menjadi salah satu mata pencaharian dadakan. hal ini tentu mengagumkan karena ngga hanya yg muslim yang beli, yg non muslim juga banyak yang beliii. 4. Taraweh Nah, ini  biasanya abis taraweh yah banyak yang pulang ke rumah jalan kaki. jadinya kdg saya nimbrung ngobrol. semuanya membaur jadi satu, sambil ngobrol ngalur ngidul atau ada gosip terbaru di sekitar lingkungan, ngomongin poskamling, ibu ibu pkkk anak2 dengan gamenya atau komiknya, seru deh pokoknya yang saya rasain itu damai. saya bener ngerasa hidup ini sangat indah jika kita dengan sesama saling menghargai dan menghormati. 5. Sahur ini yang saya kangenin .. waktu sahur ada yang keliling komplek saya sambil tereak sahur buat bangunin org sahur. saya juga kebangun  kdg ngga bisa tidur lagi saya sambil ntn tv banyak acara tv sahur bersama kan. nah bagi saya hal ini indah karena itulah identiknya bulan ramadhan.semuanya diingatkan untuk tidak melupakan sahur. 6. Ngabuburit Nah, ini juga yg saya suka , ntah sudah jadi tradisi atau gimana selalu ada tempet favorit buat nungguin sampe waktunya berbuka tiba. saya demen ni, saya juga nongkrong bareng temen2 saya sambil ngomongin masalah sekolah, tugas ataupun hal2 lain. selain itu kita juga dapat mendapat kenalan baru  karena seringsaya dapet tmn baru karena nongkrong di spot yang sama. 7. Mendekatkan diri pada tuhan. Bulan puasa juga merupakan moment bagi umat islam untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. pada sebulan penuh puasa ini, merupakan saat dimana kita membersihkan diri dari dosa yang telah dilakukan selama sebelas bulan sebelumnya. Sebab pada dasarnya manusia kerap melakukan dosa baik itu disengaja dan tidak disengaja. Bulan puasa merupakan saat yang ditunggu tunggu untuk bertaubat. 8. Suasana puasa. Ini sebenenarnya kumpulan dari semua aktivitas diatas. Pada saat puasa, suasananya khas dan tidak akan pernah ditemui di bulan bulan lain selama setahun. Pada bulan puasa, semuanya berubah, terasa lebih khusus, mulai dari acara televisi, acara radio, sampai aktivitas manusia sehari2nya, berubah, Hingga juga ada makanan makanan yang muncul cuma di bulan puasa.. Nah, segitu dulu deh hasil pemikiran saya, masih banyak hal2 indah yang terjadi di bulan penuh berkah tersebut. Perbedaan itu adalah jalan menuju kedamaian

0 Response to "8 Hal yang Bikin Kita Rindu Bulan Ramadhan"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *