Proses terjadinya gerhana matahari total 9 maret 2016

Gerhana matahari total tanggal 9 maret 2016 hanya terjadi di indonesia. Penyebab terjadinya gerhana matahari total ini sama saja dengan fenomena gerhana lainya, yakni ketika matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus. So, sinar matahari, tertutupi oleh bulan untuk beberapa saat. karena ketiga benda langit bergerak (berotasi dan berevolusi), maka posisi garis lurus ini hanya sementara saja.

lihat gambar di bawah


Penjelasan:

1. bumi berputar mengelilingi matahari, disaat bersamaan bulan berputar mengelingi bumi. pada satu waktu tertentu, ketiga benda langit ini berada pada satu titik lurus yang menyebabkan sinar matahari terhalang bulan. yang menyebabkan gerhana matahari total di sebagian wilayah bumi. dalam hal ini di indonesia. 

2. Penumbra, adalah bayangan samar matahari yang tertutupi bulan. bayangan ini bersifat tipis jadi tidak terlalu gelap, diameternya memang besar, namun tidak fokus dan bukan gerhana matahari total.

3. Umbra, ini adalah bayangan inti atau fokus dari bulan yang menenghalangi matahari. Kenapa bayangan umbra ini kecil, ya karena perbedaan diameter matahari dan bulan yang berbeda jauh. bulan sangat kecil. catatan, gambar diatas tidak dalam skala yang benar.

Maka perhatikan titik umbra diatas yang mengenai jalur wilayah indonesia mulai dari sumatrea hingga sulawesi. titik fokus umbra inilah yang disebut gerhana matahari total.

Kenapa gerhana matahari terjadi hanya di tempat tertentu.

Penjelasanya adalah karena, tergantung posisi matahari bulan dan bintang pada saat terjadinya gerhana. Secara hukum fisika, posisi garis edar ketiga benda langit ini bergeser seluar beberapa kilometer, terkadang matahari agak kebawah, bumi agak keatas bulan agak kebawah. begitu seterusnya. dan, ini menyebabkan titik umbra (fokus byangan) juga berpindah2.


Kenapa gerhana matahari Terjadi puluhan tahun sekali

Di indonesia gerhana matahari total ini termasuk langka. Terjadi 33 tahun sekali. Tahun 2016, Indonesia adalah satu-satunya negara yang daratannya akan dilintasi GMT. Fenomena ini pernah terjadi sebelumnya, yaitu pada tahun 1983. Kemudian akan terjadi pada 9 Maret 2016. Setelah itu, Anda bisa melihatnya kembali pada tahun 2049. Jadi ini adalah fenomena langka yang terjadi seumur hidup.

Penjelasanya kembali lagi pada hukum alam diatas, dimana matahari bulan bintang bergerak sesuai garis edar masing masing. Kebetulan bertemunya itu ya pas 33 tahun sekali tepat diatas wilayah indonesia.



0 Response to "Proses terjadinya gerhana matahari total 9 maret 2016"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *