Penyebab Yamaha R15 dan Vixion berasap Waktu Digas

Motor saya bukan vixion atau R15. Tapi kemarin waktu di jalan saya dapati rombongan r15 kayaknya lagi touring. Saya ikuti terus dari belakang. Lha kok knalpotnya pada ngebul gitu? Terutama ketika keluar tikungan yang kalau saya prediksi untuk motor 150 cc itu berada pada gigi 3 atau 4. saat berakselerasi keluar tikungan buzzzz itu asap kayak disembur. heehehe

Dan yang membuat saya membuat artikel ini adalah, bukan cuma satu motor yamaha R15 yang berasap ngebul, melainkan hampir semua. Maklum mungkin mereka melakukan speed touring sambil balapan. Tapi meski mereka ngeas sampe ngebul2 saya ngikutin anteng aja. Soalnya motor saya 650cc...

yang menjadi pertanyaan kemudian kenapa atau apa penyebab motor yamaha R15 ini begitu mudahnya berasap?

Ternyata setelah saya searching di youtube masalah ini memang adalah masalah bawaan yamaha r15. Bukan hanya R15 namun juga yamaha vixion yang notabene punya mesin sama  dengan yamaha R15.

Berikut Video yamaha R15 dan yaaha Vixion berasap ngebul







Dan ternyata saya baru ngeh, bukan cuma di kota saya yang dingin ini yamaha R15 ngebul ternyata di daerah lain juga punya masalah serupa.

Kalau begitu adanya, anda mungkin hanya bisa pasrah. karena ini memang sudah penyakit bawaan mesin vixion series. Dan yang perlu anda perhatikan adalah ketinggian oli di mesin. karena dengan berasap knalpot seperti ini biasanya adalah oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar.

Bisa jadi karena ring piston yang sudah tidak terlalu bagus membilas sisi sisi silinder hingga olinya ikut kebakar. Ini menandakan kalau kompresi di ruang bakar sudah ada yang bocor. Kalau keadaan ini berlangsung terus menerus bisa bisa oli di bak mesin habis. efeknya tentu sangat bahaya yakni turun mesin.

3 Responses to "Penyebab Yamaha R15 dan Vixion berasap Waktu Digas"

  1. oh mas itu bukan karna oli mas.. tp itu karna tinggi ny setelan pada CO2 motor tersebut... sehingga emisi pada pembakaran minyak itu gx smua terbakar melainkan ikut terbuang melalui knalpot itu sebab ny jd asap saat di gas... motor saya vixion jd saya paham yg terjadi pada kendaraan saya... klo CO2 ny standar insya allah gx bakal ngasap.. apa lagi klo dibikin minus (-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawan minta pin mtor saya kalau digeber juga seperti itu

      Hapus
    2. oohhh.. sory mas saya kurang tau hehe.. kirain kalo motor injeksinya yamaha udah otomatis gak pake setelan2 angin kayak motor injeksi yang lain.. ehehe.. kalo motor injeksi lain kan gitu mas... campuran udara 02 co2 sama bahan bakar udah di mix otomatis sama otak yang namanya ECU dan disemprotkan melalui injeksi.. ternyata divixion beda ya mas? harus setel manual kayak system karbu? wah... btw thx infonya

      Hapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *