Daftar Hari-hari Besar di Bulan November

Bulan november, yang identik dengan hujan (november rain) juga memiliki banyak hari besar atau hari penting, khususnya di indonesia. Dan memang yang kita bahas ini adalah hari besar indonesia yang terjadi di bulan november. Setiap bulan memang ada saja sih hari hari besar atau hari penting. Biasanya untuk memperingati suatu apa gitu atau semacam instansi dll.

Untuk bulan lainya akan kita bahas di lain waktu, sekarang berhubung kita sedang berada di bulan november mari kita lihat apa saja sih hari hari besar yang terjadi selama bulannovember ini?


1. 1 November Hari Inovasi







Hari Inovasi Indonesia (HII) diperingati setiap tanggal 1 November

Inilah Sebuah hari yang mengingatkan individu, pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk me‎nciptakan budaya inovatif, untuk terciptanya produk dan layanan inovatif untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

HII mendorong terciptanya mindset untuk melihat inovasi sebagai satu satunya cara untuk meraih kesuksesan.HII mendorong agar individu dan pelaku bisnis untuk lebih produktif menciptakan gagasan dan ide-ide yang inovatif.HII mengingatkan pimpinan para pelaku bisnis untuk memiliki komitmen, mengubah gagasan dan ide yang inovatif menjadi produk dan layanan yang inoatif.


2. 5 November Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional





Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dilaksanakan pada tanggal 5 November

Kegiatan pada hari satwa dan puspa nasional ini merupakan usaha dalam mengubah kesadaran dan kecintaan kita semua kepada puspa dan satwa untuk menciptakan Indoensia lestari sesuai dengan tema HCPSN.

3. 10 November - Hari Pahlawan







Hari Pahlawan adalah Hari Peringatan yang dirayakan pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia.Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945,di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Inggris yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

4. 10 November - Hari Ganefo





TAU GAK GAN APA ITU GANEFO?

GANEFO atau Games of the New Emerging Forces, adalah ajang olahraga tandingan Olimpiade ciptaan mantan presiden Indonesia, Soekarno, pada 10 November 1963. Sebelumnya, dalam pelaksanaan Asian Games 1962 yang diadakan di Jakarta, Indonesia melarang Israel dan Taiwan mengikuti perhelatan tersebut, dengan alasan karena simpati pada Republik Rakyat Cina dan negara-negara Arab.

Aksi Indonesia itu diprotes oleh Komite Olimpiade Internasional (KOI) yang mempertanyakan legitimasi Asian Games di Jakarta. Federasi Asian Games (FAG) juga menyatakan akan menskors Indonesia untuk mengikuti acara tersebut, karena Taiwan dan Israel merupakan anggota resmi Perserikatan Bangsa Bangsa, sehingga Indonesia tidak bisa seenaknya sendiri melarang negara lain.

Akhirnya, Indonesia diskors tidak boleh mengikuti Olimpiade Tokyo 1964. Presiden Soekarno marah, sehingga memutuskan untuk keluar dari KOI, dan menuduh KOI antek imperialisme. Selain itu, Soekarno juga mengancam akan membuat olimpiade tandingan.

Satu tahun kemudian, pada November 1963, GANEFO pun lahir dan pertama kali dilaksanakan di Jakarta.

Dengan semboyan “Maju Terus Pantang Mundur”, GANEFO mengundang negara Republik Rakyat Cina dan negara-negara dunia ketiga untuk mengikuti acara tersebut. GANEFO diikuti oleh 2.200 atlet dari 48 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa, dengan 450 wartawan dari berbagai negara datang ke Senayan. Meski diboikot oleh negara-negara Barat, tetapi GANEFO berlangsung sukses.





5. 11 November - Hari Bangunan Indonesia








Mulai tahun 2014, tepatnya setiap 11 November, Indonesia memperingati Hari Bangunan Indonesia.

Pemilihan 11 November sebagai Hari Bangunan Indonesia lantaran memiliki angka satu laiknya pilar-pilar penopang kokohnya sebuah bangunan. Selain itu, peringatan tersebut juga bisa dijadikan sebagai momentum evaluasi pembangunan di Indonesia karena berada di akhir tahun.

6. 12 November - Hari Ayah






Ternyata bukan Hari Ibu aja loh yang ada,di Indonesia juga diperingati Hari Ayah

Rakyat Indonesia memperingati Hari Ayah setiap 12 November


Perayaan Hari Ayah di Indonesia memang belum sepopuler Hari Ibu. Perayaan yang juga bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional ini lahir dari prakarsa sebuah komunitas lintas agama pada 2006 silam.

Uniknya, para pemrakarsa Hari Bapak Nasional ini bukanlah kaum ayah. Melainkan para wanita. Kaum ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 di Pendapi Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah.


7.  14 November - Hari Brigadir Mobil (BRIMOB)







Pada 14 November 1946 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa. Tanggal ini ditetapkan sebagai hari jadi Korps Baret Biru. Pembentukan Mobrig ini dimaksudkan Sjahrir sebagai perangkat politik untuk menghadapi tekanan politik dari tentara dan sebagai pelindung terhadap kudeta yang melibatkan satuan-satuan militer. Di kemudian hari korps ini menjadi rebutan antara pihak polisi dan militer.


8. 22 November - Hari Perhubungan Darat






Pada tanggal 22 November, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Darat Nasional. Hari Perhubungan Darat ini merupakan hari renungan untuk kita semua dimana kemacetan,fasilitas yang belum memadai,dan lain-lain masih menjadi hal yang mengkhawatirkan di Indonesia.Sebagai warga negara kita harus menjaga itu dari tangan-tangan usil para oknum yang tak bertanggung jawab

9. 25 November  - Hari Guru

Setiap tahun, 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal itu ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Namun, ada sejarah panjang hingga akhirnya 25 November terpilih sebagai Hari Guru Nasional. Selain Hari Guru Nasional, 25 November 1945 juga ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

10.28 November - Hari Menanam Pohon Indonesia


Hari Menanan Pohon Indonesia teratur diperaingati setiap tanggal 28 November

Hari menanam pohon ini adalah untuk mengingatkan kita akan pentingnya menanam pohon sebagai kelangsungan hidup,karena pohon banyak sekali manfaatnya,mulai dari manfaat sosial,ekonomi,dll


11.29 November - Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KOPRI) 


Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat Korpri, adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa. Meski demikian, Korpri seringkali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan Korpri tak terlepas dari kedinasan. Hari KORPRI adalah tanggal 29 November

Korpri yang didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Selama Orde Baru, Korpri dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, Korpri berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Iulah daftar hari besar yang terjadi selama bulan november. Setelah mengetahui, mudah mudahan anda bisa berkreasi, biasanya sih bikin meme atau dp bbm terkait hari besar tersebut selama bulan november ini. yah, buat ngeramein twitter dan facebook.

1 Response to "Daftar Hari-hari Besar di Bulan November"

  1. Anda Mencari Rak Minimarket, Rak Supermarket / Rak Gudang?
    Atau anda ingin berbisnis menjadi agen / Reseller Rak Supermarket?
    Bergabung dan bekerjasamalah bersama kami.
    kami pabrik rak langsung, kustomisasi ukuran dan warna sesuai kebutuhan, dengan harga dan kualitas terbaik.
    Hubungi kami di : 081 3313 55 555 (Call/WA)
    atau kunjungi website kami www.pabrikraksupermurah.com
    atau facebook : pabrik rak (rak supermurah)
    fanspage : https://www.facebook.com/raksupermarketminimarket/ (@raksupermarketminimarket)

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *