Cara Mengetahui Madu Asli - Perbedaan Ciri madu Asli dan palsu

Membedakan madu asli dan madu palsu sangat penting. Sebab kini semakin banyak ulah para penjual madu nakal yang membuat madu palsu yang seolah2 asli hanya demi keutungan pribadi. Ciri-ciri mana madu asli dan yang palsu juga sangat jelas. jadi anda mungkin harus membaca artikel ini supaya tidak mudah ditipu oleh ulah oknum nakal para penjual madu palsu. Mengingat manfaat madu ini banyak sekali. Sebagai dalam alquran dan hadis nabi pula, madu bisa dijadikan sebagai obat segala macam penyakit ataupun untuk daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan. jangan kemudian lantas anda menyalahkan madu karena anda merasa tidak berkhasiat, namun ternyata anda salah beli madu yang palsu.

Ciri-ciri madu asli dan madu palsu


Tidak perlu banyak metode yang terlalu repot untuk menguji atau test keaslian madu. Anda hanya perlu tiga langkah berikut.

1. Memasukan madu ke dalam air.


Madu murni mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K. Standar kadar air madu Glory berkisar 17,42 s/d 19% (artinya dalam tiap 1 cc madu yang mengandung air 17,4 %, berat airnya 1,42 gr). Ini akan membuat madu sulit bercampur dengan air ketika madu asli dimasukan ke dalam air. Ketika madu asli dimasukan ke dalam air, ia akan tetap mengental dan tidak tercampur dengan air.

madu palsu
ketika madu palsu dimasukan ke dalam air, biasanya akan tercampur dengan air. Sebab madu palsu umumnya sudah dioplos dengan air dan berbagai bahan pemanis seperti sirup dan gula. 

2. Membakar madu.


Coba anda oleskan beberapa sample madu yang akan anda uji pada sedikit kapas. madu asli akan mudah terbakar. Sementara madu palsu sulit terbakar. Ini dikarenakan pada madu asli ada semacam kandungan lilin (alami) yang dihasilkan madu untuk membuat sarang. Sementara pada madu asli tidak ada. Meskipun ada namun hanya tinggal sedikit karena sudah dicampur dengan berbagai macam jenis campuran uang utamanya adalah air.

3. Tes kekentalan madu


Madu murni biasanya memiliki tingkat kekentalan tertentu yang tidak akan mudah meresap ke dalam kertas. Jadi coba anda jatuhkan beberapa sample madu yang akan anda coba ke dalam kertas tisu. madu asli tidak akan mudah meresap, sementara madu palsu akan mudah meresap kedalam kertas tisu.

4. Tes rasa


madu asli memiliki berbagai macam rasa. Tidak semua madu asli memiliki ciri rasa yang sama. Sebab madu diproduksi oleh lebah yang berada pada lingkungan yang berbeda pula. Jika madu berasal dari pegunungan yang banyak bunga tertentu maka madu juga akan mengikuti rasa atau aroma bunga tersebut. itulah ciri madu asli yang berasal dari perut lebah asli. Setiap lebah menghisap nektar bunga yang berbeda beda tergantung dimana lebah itu hidup atau dibiakan. Rasa madis pada madu asli juga memiliki rasa yang khas, agak tidak terlalu manis dan terasa ada semacam rasa asam dan menempel dimulut. Sementara madu palsu biasanya rasanya hambar. Hanya terasa manis dan manisnya terkadang berlebihan. Rasanya juga tidak menempel dan berlalu begitu saja.

5. Kunjungi peternak madu langsung.


Ini penting, sebab pada tempat perternakan madu anda bisa langsung melihat bagaimana madu itu diambil dari sarangnya dan ditaruh kedalam tempat untuk anda beli. So no tipu tipu. Sebab, memang sangat sulit mengetahui kemurnian madu asli di era sekarnag ini. Berbagai bahan dan olahan sudah dengan pintar dibuat oleh para oknum penjual madu nakal hingga madu tampak seoalah2 asli. Kecuali anda tinggal di uni eropa, maka kalau anda melihat ada label tulisan madu asli (pure honey) maka itu benar benar asli sebab di negara negara eropa penjualan madu diawasi secara ketat dan diuji laboratorium oleh para ahli untuk memastikan madu itu asli.

Video tes madu asli dan palsu

0 Response to "Cara Mengetahui Madu Asli - Perbedaan Ciri madu Asli dan palsu"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *