8 Kebiasaan yang Tidak Baik Bagi Otak Anda

Otak adalah bos dalam tubuh manusia. Organ otak yang mengendalikan apapun kegiatan manusia sehari hari. Seiring berjalanya waktu, otak manusia juga kerap mengalami penurunan kinerja. Ini bisa ditandai dengan misalnya mudah pikun, kurang mampu berfikir cepat. dan semacamnya.

Memang seyogyanya otak harus dijaga dari kerusakan dan bisa terus dioptimalkan. Misalnya, ketika kecil anak2 bisa diberikan beberapa makananan yang mencerdaskan otak. Namun seiring perjalanan waktu kerusakan otak niscaya akan terjadi. Hanya saja kita dapat meminimalkan penurunan kinerja otak dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengetahui hal hal apa dalam aktivitas sehari hari yang berdampak buruk bagi otak.

Berikut ini beberapa aktivitas sehari-hari yang ternyata merusak kesehatan otak, seperti dikutip dari indiatimes.com.

1. Berpikir keras saat sedang sakit
Apa alasan dokter menyarankan Anda untuk istirahat total saat sedang sakit, dan bahkan ketika Anda sudah merasa baikan? Ini karena otak Anda sebenarnya belum baik benar. Otak bekerja lebih keras saat sedang sakit. Berpikir saat sedang sakit, hanya akan membuat otak semakin lelah dan bahkan bisa mengalami kerusakan.

2. Tidak sarapan
Melewatkan sarapan atau tidak sarapan sama sekali adalah kebiasaan yang membahayakan sel-sel otak. Kebiasaan ini akan menghalangi otak mendapatkan nutrisi untuk bekerja optimal. Tidak sarapan bisa menurunkan kadar gula darah dan membuat otak cepat lelah.

3. Kebanyakan makan
Seringkali orang gemuk disamakan dengan orang bodoh, banyak karakter film yang menggambarkan hal itu. Ini karena kebiasaan terlalu banyak makan yang bisa membuat pikiran Anda tumpul, melemahkan kemampuan otak dan merusak keseimbangan insulin. Bukan hanya menyebabkan obesitas, makan berlebih juga bisa mengundang banyak penyakit.

4. Kurang Tidur




Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Minimal seseorang sekitar 6-8 jam. Maka jika kamu tidur kurang dari waktu yang ditentukan ada kemungkinan tubuh kamu akan mengalami gangguan.

5. Dehidrasi

Anjuran minum 8 gelas air per hari bukanlah mitos. Anda bisa mengalami dehidrasi dan hal ini bisa mengacaukan semua sistem tubuh, termasuk kinerja otak. Anda akan cepat marah, tidak fokus, susah berpikir dan bahkan jadi tidak begitu cerdas.

6. Terlalu banyak gula

Gula adalah sumber energi tubuh, namun bukan berarti bisa makan dengan porsi banyak. Konsumsi gula berlebih bukan hanya mengundang diabetes, tapi juga bisa melemahkan kemampuan otak dalam mengingat dan belajar. Intinya, makan banyak gula bisa menyebabkan Anda bodoh.

7. Jarang berkomunikasi



Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih. Komunikasi juga membuat kita lebih dapat mengenal orang-orang,baik sifatnya,kesukaannya,dll. Dengan komunikasi membuat wawasan kita lebih luas. Selain komunikasi,mengisi TTS juga dapat membuat wawasan kita luas dan mempertajam pikiran kita.

8. Menutup kepala saat tidur



Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak. Tidur dalam kondisi gelap dapat membuat tubuh kita lebih fresh di esok harinya. Karena mata kita saat tidur tidak menyerap cahaya,berbeda dengan kita tidur dengan lampu yang terang. Mata akan terus bekerja untuk menyerap cahaya.

Well, itulah setidaknya 8 aktivitas yang tidak baik atau lebih sadisnya bisa membunuh sel otak secara perlahan. Kedepan mudah2an anda bisa menjaga diri dari hal2 seperti ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Kebiasaan yang Tidak Baik Bagi Otak Anda"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *