Fungsi pemain Gelandang dalam Kesebelasan Sepakbola

Pemain gelandang ibarat dalam sebuah tubuh adalah jantung yang menyuplai dan mengatur aliran darah. Dalam sepakbola, pemain gelandang menjadi kunci ritme dan tempo permainan yang mengatur aliran bola. Makanya seorang kapten kesebelasan biasanya adalah seorang gelandang.

Pengertian gelandang secara sederhana adalah sebuah posisi antara bek dan penyerang. Walaupun begitu, arti gelandang tak hanya sebagai perantara antara bek dan penyerang, namun sebagai kunci untuk menjalankan taktik permainan. Mengapa gelandang disebut sebagai kunci permainan? Itu karena posisi gelandang adalah posisi yang mengawali skema penyerangan yang berasal dari bek/kiper dan sebagai posisi yang mengawali skema bertahan sebelum tim lawan mencapai daerah pertahanan. Oleh karena itu, dalam posisi gelandang terdapat posisi spesifik didalamnya. Berikut adalah beberapa jenis dan fungsi dari posisi gelandang:

ozil. pemain gelandang timnas jerman. dok blogspot.com

1. Deep Lying Midfielder

Posisi ini berada di depan posisi bek. Pemain yang berposisi ini berperan sebagai pemain pertama yang mengalirkan bola yang berasal dari lini pertahanan. Saat sebuah tim sedang menyerang, pemain ini berfungsi untuk menjaga pemain lawan yang paling depan. pemain ini juga ikut bertanggung jawab saat sebuah tim sedang menguasai bola, dengan passing pendek ataupun sesekali dengan passing kombinasi (Umpan pendek dan jauh). Posisi ini biasanya dimainkan dengan formasi 4-2-3-1 dan 4-4-2 diamond. Pemain yang berposisi ini contohnya adalah Lionel messi, andik vermansyah, evan dimas, atau wesley sneijder Michael Carrick, dan Sergio Busquets.

2. Deep Lying Playmaker

Posisi ini hampir sama seperti Deep lying midfielder, namun posisi ini memiliki fungsi lebih, yaitu sebagai pengatur permainan. Posisi ini tak hanya mengatur permainan dari daerah pertahanan sendiri, namun sesekali membuat peluang. Walaupun begitu, biasanya pemain ini jarang memasuki daerah kotak pinalti lawan. Contoh dari pemain yang berposisi ini adalah Andrea Pirlo, Xabi Alonso, dan Paul Scholes.

3. Box To Box Midfielder

Posisi ini adalah posisi yang mencangkupi hampir seluruh lapangan. Karena pemain ini berfungsi dalam penyerangan dan bertahan. Pemain ini harus memiliki fisik yang prima karena tak hanya bermain ditengah saja, namun harus bisa membuka ruang dalam permainan dan bermain melebar. Contoh dari pemain yang berposisi ini adalah Ramires, Paul Pogba, dan Arturo vidal.

4. Wide Midfielder (gelandang sisi kanan atau kiri)

Posisi ini mirip seperti Box to box midfielder, namun lebih spesifik, yaitu membantu penyerangan dan bertahan dari sisi sayap. Pemain ini biasanya memiliki akurasi umpan silang yang baik untuk menciptakan peluang di daerah pertahanan lawan. Contoh dari pemain yang berposisi ini adalah Antonio Valencia dan David Beckham.

5. Winger (sayap)

Posisi ini bermain diposisi sayap. Namun tak seperti Wide midfielder, posisi ini tak harus untuk fokus dalam bertahan. Karena posisi ini lebih membantu penyerangan dan menciptakan peluang. Pemain yang berposisi ini harus memiliki kecepatan yang sangat baik. Dan juga, winger ini mencangkupi posisi sayap pada central midfielder, attacking midfielder, striker. Contoh pemain dari posisi ini adalah Eden Hazard, Neymar, dan Gareth Bale.

6. Attacking Midfielder (gelandang serang)

Posisi ini berada diantara penyerang dan central midfielder. Biasanya diisi oleh seorang playmaker karena untuk mengatur pola penyerangan, memberi umpan kepada striker dan terkadang bermain melebar. Karena posisinya yang berada dibelakang penyerang, maka fungsi dari posisi ini untuk menciptakan peluang serta memberi asist kepada striker. Namun bila suatu tim telah menggunakan deep lying playmaker, maka fungsi posisi ini biasanya menjadi penyerang lubang untuk membantu striker. Contoh pemain dari posisi ini antara lain Oscar, Isco, dan Juan Mata.

Itu adalah beberapa sub-posisi dari posisi gelandang. Semoga bermanfaat dan apabila ada kesalahan mohon di koreksi. Terima Kasih.

Sumber: kompasiana

0 Response to "Fungsi pemain Gelandang dalam Kesebelasan Sepakbola"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *