Penyebab Pesawat Hercules Jatuh di padang Bulan Medan: Kerusakan Mesin atau Kelebihan Muatan?

Kalau kita putar memori beberapa tahun silam, tepat 5 September 2005 sebuah pesawat Mandala Airlines Penerbangan RI 091 sebuah pesawat Boeing 737-200 milik Mandala Airlines jatuh di kawasan Padang Bulan, Medan, Indonesia pada 5 September 2005. Kecelakaan ini terjadi saat pesawat sedang lepas landas dari Bandara Polonia Medan.

Pesawat tersebut menerbangi jurusan Medan-Jakarta dan mengangkut 117 orang (112 penumpang dan 5 awak). Penumpang yang selamat berjumlah 16 orang dan 44 orang di darat turut menjadi korban.

Penyebab kecelakaan pesawat mandala kali itu adalah seperti Penelitian awal yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dengan tim investigasi National Transportation Safety Board dari Amerika Serikat menemukan bahwa terdapat kerusakan yang menyebabkan salah satu mesin pesawat tersebut tidak bertenaga. Namun, masih diselidiki apakah kondisi tersebut telah ada sebelum atau sesudah pesawat terempas dan meledak.

Selain itu, beberapa hari setelah kejadian, muncul laporan yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut membawa kargo berupa durian yang berbobot 2 ton, sehingga hampir mencapai batas berat maksimum yang mampu diangkut pesawat. Dari foto-foto lokasi kejadian yang muncul di detikCom, memang terlihat buah-buah durian berserakan di sekitar puing-puing pesawat.

Tidak jauh jauh tampaknya dengan kejadian barusan, sebuah pesawat hercules milik TNI yang jatuh persis di tempat yang sama dengan pesawat mandala 10 tahun silam. Kalau dibilang ada kaitan mistisnya sih tidak. Tapi, kalau posisi jatuhnya di tempat yang sama, ada kemungkinan, pesawat hercules yang jatuh 30 juni ini juga mengalami kegagalan mesin, atau kelebihan muatan. 50 orang penunpang militer dan sipil diperkirakan tewas dalam kejadian ini.

Dua penyebab utama inilah, yang mungkin menjadi penyebab jatuhnya pesawat hercules ini. Seperti fakta yang diberitakan tribunnews.com, Sebelum jatuh usai lepas landas di Bandara Suwondo, pilot pesawat Hercules dengan nomor registrasi A1310 type C-130 sempat meminta Return To Base (RTB) ke menara pengawas.

'Return To Base' biasanya diminta pilot saat menyadari pesawat ada permasalahan.

"Pesawat Rute Suwondo-Tanjung Pinang take off runway 23 pukul 11.48 WIB, kemudian saat akan ditransfer ke Medan APP, pilot request RTB," ujar Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata saat dihubungi Tribunnews, Selasa(30/6/2015).

Menurut Barata usai pilot meminta RTB, pesawat mendadak berbelok ke kanan dan jatuh sebelum kontak dengan APP Medan.

"Pesawat mendadak berbelok ke kanan lalu crashed," ujarnya.

0 Response to "Penyebab Pesawat Hercules Jatuh di padang Bulan Medan: Kerusakan Mesin atau Kelebihan Muatan?"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *