8 Makanan Cegah Pikun dan Anti Lupa

Pikun atau lupa biasanya terjadi pada orang tua. Tentu ini dikarenakan beberapa fungsi sel otak yang sudah tidak berfungsi atau menurun fungsinya karena bertambahnya usia atau umur. namun anda bisa menecegah terjadinya pikun sejak dini dengan mengkonsumsi beberapa bahan makanan berikut ini yang terbukti mampu mencegah pikun.

Apa saja?

1. Flavonol

Kandungan flavonol yang ada dalam dark chocolate dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan jantung. Selain itu, flavonol juga dapat membantu tingkatkan memori otak. Flavonol atau biasa juga disebut dengan flavonoid merupakan senyawa antioskidan yang dapat cegah kerusakan sel otak.

2. Asam lemak omega 3


Foto: Thinkstock
Asam lemak ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa suplemen​ ​asam lemak omega 3 tak jenuh ganda dapat menghasilkan efek yang lebih baik pada memori otak spasial dan memori localizatory. Makanan seperti salmon, flaxseed oil dan chiaseed kaya akan asam lemak omega 3.

3. Phosphatidylserine dan asam fosfatidat


Foto: Thinkstock

Dalam dua penelitian percontohan menunjukkan bahwa kombinasi antara phosphatidylserine dan asam fosfatidat dapat membantu tingkatkan memori otak, suasana hati dan fungsi kognitif pada orangtua. Phosphatidylserine dan asam fosfatidat berasal dari kacang kedelai.

4. Walnut


Foto: Thinkstock

Tambahkan walnut dalam sajian makanan Anda. Hal ini dapat membantu kurangi resiko penuaan otak dan memperlambat perkembangan penyakit alzheimer.

5. Citicoline


Foto: Thinkstock

Zat ini banyak ditemukan dalam sel-sel tubuh dan membantu dalam pengembangan jaringan otak yang membantu mengatur memori dan fungsi kognitif, meningkatkan komunikasi antara neuron dan melindungi struktur saraf dari kerusakan radikal bebas.

Uji klinis telah menunjukkan suplemen citicoline dapat membantu menjaga fungsi kognitif normal dengan penuaan dan melindungi otak dari kerusakan radikal bebas. Jika ingin mendapatkan kandungan citicolinesecara alami, Anda bisa mendapatkannya dalam sayur-sayuran seperti kembang kol dan kacang.

6. Kolin


Foto: Thinkstock

Kolin memang dikenal dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu juga membantu sistem komunikasi untuk sel-sel di dalam otak dan seluruh tubuh. Kolin juga dapat mendukung otak selama penuaan dan cegah perubahan kimia otak yang mengakibatkan penurunan kognitif dan kegagalan. Telur merupakan sumber utama kolin.

7. Magnesium


Foto: Thinkstock

Suplemen magnesium sering direkomendasikan bagi mereka yang mengalami gegar otak yang serius. Mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti alpukat, kacang kedelai dan pisang.

8. Blueberry



Foto: Thinkstock

Blueberry dikenal memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi karena mereka mengandung anthocyanin, flavonoid yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Konsumsi buah blueberry secara moderat dapat menawarkan manfaat neurokognitif seperti peningkatan sinyal saraf di pusat otak.

0 Response to "8 Makanan Cegah Pikun dan Anti Lupa"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *