Motogp: Pertarungan Motor atau skill rider?

Melihat video motogp argentina tadi malam, ada satu poin penting yang harus dicermati. bahwa para rider yang bertarung di kelas motogp ini benar benar memang orang orang jempolan dengan skill diatas rata-rata.

memang, faktor yang menentukan kemenangan dalam sebuah race motogp banyak. Namun 99% adalah skill. Tidak percaya? mari lihat fakta berikut ini.

Ambil saja contoh kasus pada motogp argentina tadi malam, motor yang digunakan Marc marquez dan hiroshi aoyama adalah motor yang sama, yakni RC213V, namun kenapa marc bisa ngajir jauh di depan semetara aoyama kedodoran bahkan untuk sekedar bertarung dengan tim satelit? jelas Skill berbicara.

Motor yang digunakan valentino rossi dan jorge lorenzo adalah sama, yakni YZRM1, bahkan hinga ke pemilihan ban pun sama yakni komponen extra hard. namun mengapa pada hasilnya, rossi tampak jauh lebih cepat dari lorenzo. ROssi podium pertama lorenzo sama sekali tidak naik podium? jelas, skill berbicara.

Atau ambil saja beberapa kasus 2007 yang lalu, bagaimana casey stoner begitu mudah dan gampangnya menunggani ducati desmosedici hingga menjadi juara dunia. namun saat rossi menggunakan motor yang sama, malah melorot dengan alasan motor ducati susah ditunggangi. jelas skill juga berbicara disini.

Tampaknya bagi anda yang bermindset melihat motogp ini adalah pertarungan motor melawan motor, mesin melawan mesin tampaknya perlu sedikit direvisi. Adai saja, tim tim "papan bawah" saat ini seperti suzuki dan ducati misalnya beruntung mendapat rider yang pas, niscaya bukan mustahil mereka juga punya peluang bertarung di baris depan.

karena faktanya, suzuki juga pernah jadi konstruktor juara dunia motogp melalu pembalap mereka kenny roberts. Bahkan, pabrikan MV agusta pernah beberapa kali juara dunia beruntun pada era 60-70an melalui pembalap mereka Giacomo Agostini yang merupakan "valentino rossinya" pada era tersebut

So, motogp pertarungan skill atau motor? jelas skill lebih dominan. lagian, motor di motogp kelas dewa semua kok. Selisih gap antara satu dengan lain maksimal beberapa  detiklah. Itupun karena faktor skill rider tadi.

0 Response to "Motogp: Pertarungan Motor atau skill rider?"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *