Spesies baru Kuda laut Naga Merah di Australia

Spesies laut baru ditemukan oleh para peneliti. Dinamai Ruby Seadragon (naga), spesies ini mirip dengan kuda laut namun lebih panjang dan berwarna merah sehingga disebut sebagai naga laut.

Spesies naga laut atau seadragon hanya bisa ditemukan di garis pantai sebelah selatan Australia. Ruby Seadragon yang memiliki nama ilmiah Phyllopteryx dewysea, diklaim sebagai spesies naga laut pertama yang ditemukan dalam kurun waktu satu setengah abad terakhir.

Situs Popular Science mewartakan, Seorang alumni Scripps Institute of Ocenaography, Josefin Stiller dan sejumlah kolega dari WAM terperangah saat menemukan Ruby Seadragon. Kala itu mereka tengah menggali arsip Western Australia Museum (WAM) untuk penelitian populasi genetik naga laut.

Ruby Seadragon yang ditemukan para peneliti berjenis kelamin jantan dengan panjang 24 cm. Tim peneliti meyakini, warna merah yang tampak pada tubuh Ruby Seadragon menunjukan kedalaman laut yang ditinggali olehnya karena warna merah mampu menyerap gelap sekaligus sebagai kamuflase.

"Teknologi pemindai CT (computer tomography) memberikan kami irisan 5 ribu sinar X yang membuat kami bisa mengumpulkan gambar model 3D. Kami bisa melihat sejumlah kerangka tulang yang menjadi pembeda Ruby Seadragon dengan naga laut lain," ujar Stiller dari laporan situs Scripps Institution of Oceanography.

Sementara pendiri Lowe Family Foundation yang mendukung penelitian ini, Mary White mengatakan, bahwa orang-orang selalu membicarakan keberangkatan ke ruang angkasa sampai-sampai mereka melupakan lautan yang jelas ada di Bumi.

Sementara itu, Leafy Seadragon dan Coomon Seadragon diklaim sebagai spesies yang sudah mulai punah.

sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150303150057-199-36387/ditemukan-naga-laut-merah-di-australia/

0 Response to "Spesies baru Kuda laut Naga Merah di Australia"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *