Manfaat dan Khasiat Batu Bacan

Batu bacan adalah salah satu jenis batu akik yang menjadi primadona di kalangan akikers (pecinta batu akik). Ini tidak terlepas dari kegunaan, manfaat dan khasiat batu bacan itu sendiri bagi si pemakai batu akik dengan jenis batu bacan. Entah benar atau tidak, mitos batu bacan berkhasiat ini sudah melekat di benak masyarakat. Khususnya di bagian pulau jawa, kalimantan dan sulawesi. Soalnya beda-beda, kalau daerah sumatera bagian utara sampai aceh, mereka mengidolai batu giok aceh, atau bio solar atau indocrase aceh. Sementara menurut seorang rekan, kalau dibagian jawa, orang mengenakan cincin akik selain bacan bisa dianggap dukun. Artinya hanya jenis batu akik bacan ini saja yang bisa digolongkan kedala pure fashion. Artinya pemakainya bisa siapa saja, bisa anak muda, tua, orang dewasa, pria muda dsb. 

Untuk mengetahui dan menelaah kegunaan dan khasiat batu bacan, tentu kita harus tahu dulu kandungan mineral apa yang terdapat dalam bongkahan batu berwarna hijau kebiru-biruan muda ini. Dari sisi warna saja memang batu bacan sudah menyuguhkan kualitas keindahan yang mumpuni. Warnanya unik, dibilang hijau tidak, dibilang biru langit pun tidak, di bilang biru tua pun tidak. Jadi apa dong. Itu dia keunikan bacan.

bongkahan batu bacan

Batu bacan sejatinya bernama Chrysocolla Quartz atau Chrysocolla Chalcedony (nama ilmiah). Namun di indonesia populer dengan sebutan batu bacan karena memang sumber asal utama batu ini adalah di pulau bacan di kepulauan Maluku. Kandungan komposisi batu Bacan didominasi mineral Kuarsa atau Kalsedon dengan kontaminasi mineral Krisokola

Batu bacan juga memiliki tamapilan yang mirip sekali dengan batu pirus hang berasal dari timur tengah, iran persia dll. Oleh karena itu batu bacan juga disebut oleh sebagian orang sebagai Turquoise atau Pirus. Namun perbedaan mendasar dari batu bacan dan batu pirus adalah, bahwa bacan sama sekali tidak mengandung unsur fosfat sebgaimana batu pirus.

batu pirus memiliki stukrur warna mirip dengan batu bacan



Batu bacan juga dikenal sebagai batu hidup karena warnanya yang bisa berubah-ubah setelah dipakai. penyebab perubahan warna pada batu bacan ini adalah metamorfosa yaitu berubah warna dan juga serat batunya, karena oksidasi pada perubahan temperatur suhu.

Khasiat batu bacan

Perlu diketahui khasiat yang dipercaya masyarakat ini adalah mitos belaka, artinya tidak ada pembutikan secara ilmiah dan sains bahwa batu bacan berkhasiat demikian. Meski demikian akan saya jabarkan

1. Berkhasiat sebagai penglaris usaha, pelancar bisnis (makanya pebisnis banyak mengginakan batu bacan)
2. Memperkuat relasi 
3. Menambah daya tarik lawan jenis (pengasihan)
4. Menolak bala
5. Menolak penyakit
6. Menambah kewibawaan

dll macam khasiatnya, tergantung dari kepercayaan si empunya bacan. Namun kalau ditelisik secara ilmiah, kandungan bacan yang terdiri dari kalsedon dan krisokola sama sekali tidak akan menimbulkan reaksi apa-apa ketika bersentuhan dengan kulit. So biasa aja.

Harga batu bacan beberapa tahun terakhir dikabarkan meingkat 10 kali lipat dibandingkan 10 tahun sebelumnya. Ini diperkirakan akan semakin terus meningkat mengingat kini batu bacan ini semakin memiliki multi fungsi menjadi semacam investasi seperti emas. Beberapa tahun lagi diperkirakan harga batu bacan akan terus merangkak naik. Mungkin ini pula menjadi salah satu alasan kenapa orang orang gemar megkoleksi batu bacan. Tentu selain karena faktor khasiat yang telah dijabarkan diatas.

Sejarah populernya batu bacan

Sejak jaman kerajaan dulu memang batu bacan sudah populer karena keindahanya. Kerajaan di maluku misalnya menggunakan permata bacan sebagai hiasan mahkota raja. Kemudian ketika soekarna berkunjung ke maluku para pejabat maluku ketika itu menghadiahkan bacan sebagai cidera mata yang kemudian dibuat cincin oleh soekarno. Plus kemudian SBY pun pernah memakain cincin akik bacan hingga harganya melambung dan populer di dunia.

Jenis batu bacan secara umum ada dua, yakni batu bacan doko dan batu bacan palmea.

1 Response to "Manfaat dan Khasiat Batu Bacan "

  1. jual Bongkahan Bacan Doko Proses Super.
    Full Daging, Berminyak, Halus dan Tembus.
    Siapa Cepat Dia Dapat!
    Harga
    -berat.2 ongs Rp.800.000
    -berat-5.ongs Rp.1.800.000
    -Berat 1.kg Rp 3.200.000
    Respon Cepat dan Nego via call atau Anggi Condro Sidi
    Telp; 085.320.069.055/ pin 28C3EBA7
    Kunjungi !!!.... http://bacan-doko.webs.com
    barang juga bisa saya kirim melalui jasa pengiriman :
    NB: HARGA SUDAH TERMASUK ONGKOS KIRIM VIA JNE+ ASURANSI

    BalasHapus

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *