Manfaat Makan Cabai Bisa Bikin Kurus?

Pernah dengar kata-kata kalau makan pedas bisa bikin kurus. Mindset kita mungkin bisa jadi, sebab kalau makan cabe kan otomatis berkeringat. Nah keringat ini mirip olahraga jadi bisa bikin kurus. Itu mitos.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa cabai dapat membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat metabolisme.Hal ini dikarenakan cabai mengandung senyawa capsaicin. Capsaicin adalah senyawa kimia yang membuat cabai memiliki citarasa pedas. Kandungan capsaicin yang ada didalam cabai mampu membantu membakar lemak dalam tubuh.

Dilansir dari DailyMail, Selasa (10/2/2015), Peneliti dari University of Wyoming menemukan capsaicin dapat merangsang tubuh untuk membakar energi dan kalori. Hal ini bekerja dengan mengaktifkan reseptor dalam tubuh yang memicu proses pembakaran energi. Reseptor ini ditemukan dalam sel-sel lemak putih dan coklat.

Perlu diketahui, sel-sel lemak putih berfungsi menyerap kalori dan menyimpannya. Lemak putih dikenal sebagai lemak ‘jahat’. Sedangkan lemak cokelat dikenal sebagai lemak ‘baik’, lemak ini seringkali ditemukan di area bahu dan leher. Fungsi lemak cokelat ini antara lain untuk membakar lemak dan menghangatkan tubuh.

Selain itu, dalam penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-59 Biofisik Society di Baltimore, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai dapat membantu untuk mencegah dan mengelola obesitas dan komplikasi kesehatan seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.
cabai
Juga sebuah Penelitian terbaru menunjukkan, cabai merah ampuh untuk menekan nafsu makan seseorang.

Peneliti dari Universitas Purdue, Indiana AS, menemukan bahwa kandungan capsaicin, yang memberikan rasa pedas pada cabai, dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan pengeluaran energi.

“Kami menemukan bahwa mengonsumsi cabai merah dapat membantu mengatur nafsu makan dan membakar kalori lebih banyak setelah makan, terutama untuk orang yang tidak mengonsumsi rempah-rempah,” kata Profesor Richard Mattes, salah seorang peneliti seperti dikutip Dailymail, Rabu (27/4/2011).

Untuk memeroleh manfaat dari cabai, kata Mattes, seseorang tidak perlu berusaha keras untuk mengubah pola diet. Yang diperlukan hanyalah menaburkan cabai pada makanan secara berkelanjutan dan dalam jangka waktu panjang. Tapi untuk menunjang hal tersebut, olahraga dan asupan makanan sehat juga harus dilakukan secara berkesinambungan.

Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior ini dilakukan dengan cara mengukur efek rempah-rempah pada setengah sendok teh cabai rawit—takaran yang paling umum dibuat seseorang. Studi sebelumnya juga pernah mengkaji efek mengonsumsi capsaicin yang dikemas dalam bentuk kapsul, tetapi cara ini tampaknya kurang efektif.

Studi terbaru menunjukkan bahwa mencicipi langsung cabai merah dapat memberi dampak yang lebih optimal. Selain berguna untuk mengurangi nafsu makan, makan cabai ternyata dapat memaksimalkan proses pencernaan.

“ Efek pedas cabai akan membakar mulut Anda yang berkontribusi pada kenaikan suhu tubuh, pengeluaran energi, dan pengendalian nafsu makan,” jelasnya.

Dalam riset ini, para ahli menggunakan jenis cabai merah biasa atau cayenne. Ini adalah jenis cabai yang paling umum dikonsumsi di dunia. Sayangnya, tidak semua cabai mengandung capsaicin sehingga belum tentu efektif menurunkan berat badan.

Penelitian ini melibatkan 25 orang dengan berat badan sehat, di mana di antaranya, 13 orang suka makanan pedas dan 12 lainnya tidak. Para responden dipantau selama enam minggu. Hasil penelitian menunjukkan, seseorang yang mengonsumsi cabai cenderung mengalami kenaikan suhu tubuh dan efektif dalam membakar kalori.

Dari studi ini juga terungkap, mereka yang tidak rutin makan cabai juga mengalami penurunan rasa lapar, terutama untuk makanan berlemak, asin, dan makanan manis.

“Respons nafsu makan berbeda antara mereka yang suka makan cabai merah dan mereka yang tidak. Respons menunjukkan bahwa seseorang yang tidak biasa mengonsumsi cabai akan memiliki efek yang lebih besar. Ketika konsumsi cabai menjadi biasa, maka khasiatnya akan hilang," ungkap peneliti.

sumber: http://health.kompas.com/read/2011/04/27/12090052/Cabai.Merah.Efektif.Bikin.Langsing

0 Response to "Manfaat Makan Cabai Bisa Bikin Kurus?"

Poskan Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *