8 Film Tentang Kisah Kecelakaan Pesawat Paling populer

Kecelakaan pesawat QZ 8501 AirAsia beberapa hari yang lalu dan juga Malaysia Airlines MH370 beberapa bulan yang menyisakan duka bagi kita semua. meski titik terang sedikit terungkap telah ditemukanya serpihan dan beberapa mayat penumpang pesawat QZ 8501 AirAsia, namun tentu ini menjadi kabar yang teramat berat bagi para keluarga korban. Kita tentu dapat membayangkan betapa pilunya nasib para korban pesawat yang mengalami kecelakaan sedemikian rupa. Hanya sedikit yang mampu bertahan hidup atau survive setelah benturan hebat akibat pendaratan darurat.

Seperti Kisah mengenai kecelakaan pesawat yang telah beberapa kali diangkat kedalam layar lebar, seolah tema ini tetap menarik untuk ditonton. Sejarah film Hollywood mencatat film mengenai kecelakaan pesawat bermula di 1993, dengan film Alive dan Fearless lalu disusul Con Air (1997). Di era 2000-an, kisah kecelakaan pesawat dalam film mulai beragam. Dari Cast Away (2000), United 93 (2006),Passangers (2008), The Grey (2011), Flight (2012).


1. Non Stop (2014)

Di tengah penerbangan London ke New York, US Air Marshal Bill Marks (Liam Neeson) menerima pesan teks ancaman. Disebutkan, orang-orang di pesawat akan meninggal 20 menit sekali. Kecuali, ada uang US$150 juta yang ditransfer ke rekening bank tertentu.

Awalnya Bill tak peduli, sampai tiba-tiba ada penumpang yang benar-benar meninggal. Kapten pesawat keracunan. Apalagi kemudian diketahui, rekening bank si peneror ternyata atas nama Bill sendiri.

Ia diduga kuat sebagai pembajak pesawat itu. Bill pun harus berjuang membersihkan namanya, menangkap pelaku, sekaligus menyelamatkan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Ironisnya, Bill tak dipercaya penumpang. Pelanggar protokol justru meyakinkan para penumpang bahwa ia bukan bermaksud menyelamatkan.

Akhirnya pesawat berhasil mendarat darurat di sebuah pangkalan udara Islandia. Pesawat rusak, bom di dalamnya telah meledak. Namun, tidak ada korban jiwa. Bill pun digadang-gadang jadi pahlawan.

2. Flight (2012)

Whip Whitaker (Denzel Washington) dianggap sebagai pahlawan saat ia berhasil mendaratkan pesawat secara darurat. Ia menyelamatkan ratusan penumpang dari bencana akibat kerusakan pesawat.

Namun, peneliti kemudian menemukan tubuh Whip ternyata mengandung alkohol. Rupanya, malam sebelum ia menerbangkan pesawat, Whip kurang tidur. Ia baru saja pesta seks dengan seorang wanita, minum alkohol, dan mengonsumsi narkotika.

Di tengah penerbangan, ia bahkan memilih tidur dengan mencampurkan vodka ke dalam jus jeruknya. Whip baru terbangun saat pesawat menukik curam. Refleks, ia mengambil alih kemudi pesawat.

Tindakannya itu memang menyelamatkan tragedi. Namun dalam sidang, Whip mengakui dirinya tengah mabuk. Dua botol kosong vodka di tempat sampah pesawat menjadi buktinya. Ia pun akhirnya dipenjara.

3. The Grey (2011)

John Ottway (Liam Neeson), seorang pemburu serigala berniat bunuh diri di hari terakhir pekerjaannya. Keesokan harinya, pesawat yang membawa John dan timnya kecelakaan di tengah badai salju.

Di ambang batas kesadarannya, John melihat visi istrinya yang meminta bertahan hidup. John pun terbangun, dan mendapati rekan-rekannya terluka parah.

John yang sebelumnya begitu ingin mati, mendadak mendapat kekuatan untuk tetap bertahan. Ia mencoba menyelamatkan rekannya satu per satu, namun tak bisa. Ia lalu berencana membawa dompet-dompet mereka kepada orang tercinta, sebagai kenangan terakhir.

Di tengah badai salju yang dingin dan basah, John berjuang. Nyawanya juga diintai sekelompok serigala. Namun akhirnya, ia berhasil selamat dari kecelakaan pesawat yang membuatnya terdampar seorang diri itu.

4. Passangers (2008)


Pesawat yang ditumpangi Anne Hathaway dan Patrick Wilson kecelakaan. Turbulensi hebat menyebabkan mereka jatuh ke laut. Para penumpang berhamburan. Puing-puing pesawat berserakan.

Meski parah, Anne dan Patrick selamat dari kecelakaan itu. Anne bahkan menjadi psikoterapis atas kecelakaan itu. Namun, ia mengalami banyak kejadian aneh. Begitu pula dengan Patrick.

Anne berkesimpulan, orang-orang bersekongkol menutupi sesuatu soal kecelakaan pesawat itu darinya. Namun akhirnya ia menyadari, sebenarnya tak pernah ada yang selamat dari kecelakaan itu.

Anne dan Patrick, termasuk korban meninggal. Selama ini, orang-orang di sekitarnya hanya roh yang berupaya menuntun jalan Anne yang tak menyadari nyawanya telah melayang. Kehidupannya selama ini, ternyata palsu.

5. United 93 (2006)

United 93 mengisahkan Tragedi WTC, 11 September 2001. Yang menarik, film seakan merekonstruksi peristiwa dari sudut pandang penumpang, awak kabin, petugas maskapai di darat, bahkan pembajak itu sendiri.

Film dimulai dengan kesibukan empat pembajak pesawat yang berangkat dari hotel berbeda. Mereka kemudian mengantre hingga masuk dengan mulus ke dalam pesawat.

Diceritakan pula detik demi detik pembajakan yang terjadi di atas pesawat. Rupanya, begitu banyak “drama” yang terjadi sebelum pesawat menabrakkan diri ke Gedung WTC di Amerika Serikat. Mulai dari pembunuhan penumpang, hingga pemaksaan masuk kokpit.

6. Fearless (1993)

Ini sekelumit drama soal kecelakaan pesawat. Max Klein (Jeff Bridges) berubah 180 derajat setelah kecelakaan pesawat dalam perjalanannya dari San Fransisco ke Houston. Di ambang batas kematiannya, Max bersikap sangat mulia.

Ia memilih untuk mendampingi penumpang-penumpang lain yang ketakutan, menghibur mereka satu per satu. Alih-alih menghubungi keluarganya, setelah selamat, ia justru menyewa mobil untuk mendatangi mantan kekasihnya saat SMA yang sudah lama tak bertemu.

Ia seperti mendapat kesempatan kedua untuk hidup, dan tak ingin menyiakannya. Namun, sikapnya kelewat aneh. Ia bahkan makan stroberi, dan tak mengalami reaksi alergi seperti biasanya.

Max diduga terkena delusi. Hingga, ia mengalami kecelakaan ulang. Mobilnya tertabrak ke dinding bata. Anehnya, justru saat itu, Max seperti kembali ke dunia. Ternyata, selama ini ia terombang-ambing antara hidup dan mati. Suara istri Max membawanya ke dunia nyata.

7. Alive (1993)

Sekelompok pemain rugby dan keluarganya terdampar di negeri antah berantah setelah pesawat Air Force Flight 571 yang mereka tumpangi menabrak gunung dan terpecah.

Mereka mencoba bertahan dengan makanan yang tersisa, sambil menunggu tim penyelamat datang. Beberapa akhirnya meninggal karena luka yang diderita. Ada pula yang sampai menyarankan makan daging mayat sesama penumpang untuk bertahan hidup.

Selamat atau tidaknya mereka, tergantung kemampuan mencari alat perekam di belahan pesawat lain agar bisa mengirimkan sinyal lokasi. Setelah bertahan 12 hari, akhirnya belasan orang berhasil selamat. (art)

referensi :viva.co.id

1 Response to "8 Film Tentang Kisah Kecelakaan Pesawat Paling populer"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *